Objek Pariwisata Jawa Barat

Objek Pariwisata Jawa Barat

Jawa barat merupakan salah satu propinsi yang cukup memiliki banyak objek wisata.  Berikut ini alternatif tujuan wisata di propinsi Jawa Barat yang bisa anda kunjungi bersama keluarga atau kerabat saat liburan.

Jalan Braga – Bandung

bragaJalan Braga merupakan jalan yang terletak di Kota Bandung.  Jalan ini memiliki keunikan karena masih terdapat sisa-sisa peninggalan bangunan dari zaman Hindia-Belanda.  Pada zamannya, jalan ini dibuat dengan meniru sistem pusat perbelanjaan di Eropa dan terutama di Paris.
Jalan Braga  dan sekitarnya seperti Jalan Alan Suniaraja (dulu dikenal sebagai Jalan Parapatan Pompa) dan Jalan Pos Besar (Postweg) yang dibangun oleh Gubernur Jendral Herman Willem Daendels pada tahun 1811, juga memiliki kesamaan bentuk bangunan yang serupa. Pada Jalan Braga ini, bangunan yang masih mempertahankan ciri khasnya sampai saat ini yakni pertokoan Sarinah, Gedung Merdeka (Gedung Asia Afrika yang dulunya adalah gedung Societeit Concordia), serta Apotik Kimia Farma.

Pangandaran

pangandaran

Kawasan Taman Wisata Alam (TWA) Pangandaran merupakan salah satu objek wisata alam di Jawa Barat. Hutan sekunder tua yang berumur antara 50 – 60 tahun mendominasi kawasan TWA Pangandaran ini. Selebihnya adalah sisa-sisa hutan primer yang tidak luas dan terpencar letaknya, serta sedikit hutan pantai.

Pohon-pohon di hutan sekunder tua di dalam kawasan TWA Pangandaran memiliki ketinggian rata-rata antara 25 – 35 m, dengan jenis-jenis yang dominan diantaranya Laban (Vitex pubescens). Ki segel (Dillenia excelsa) dan marong (Cratoxylon formosum), juga terdapat beberapa jenis pohon peninggalan hutan primer seperti Pohpohan (Buchania arborescens), Kondang (Ficus variegata), dan Benda (Disoxyllum caulostachyllum). Pohon-pohon tersebut umumnya ditandai oleh tumbuhnya jenis tumbuhan liana dan epifit.

Patuha Resort

patuhaPatuha Resort (PPAW) merupakan salah satu resort eksklusif di kaki gunung Patuha. Terletak di Desa Tunggul Baru Kecamatan Ciwidey Bandung diantara lereng pegunungan dengan udara sejuk dan pemandangan yang sangat indah. Dapat dijangkau dengan mudah selama 1 jam dari Kota Bandung, 4 jam dari Jakarta lewat Cipularang.

Patuha Resort merupakan pilihan yang sangat tepat untuk Anda yang mendambakan suasana alami dalam kegiatan bisnis seperti rapat, pendidikan, pelatihan, olah raga, dan kegiatan lainnya, atau hanya sekedar beristirahat menghilangkan rasa jenuh.

Pelabuhan Ratu

pelabuhanratuPelabuhan Ratu berjarak 70 Km dari kota Sukabumi arah barat daya. Jalan ke kawasan ini relatif sudah bagus karena selain tempat tujuan wisata, juga sebagai tempat pusat pemerintahan kabupaten Sukabumi.

Pelabuhan Ratu merupakan sebuah teluk dengan ombak yang tenang namun cukup berbahaya karena kedatangan ombak besar yang kadang tidak terduga dan relief dasar pantai yang curam landai.

Di kawasan Pelabuhan Ratu ini anda bisa membeli ikan ikan segar yang tersedia di TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Fasilitas hotel bervariasi dari kelas murah sampai dengan kelas mahal. Salah satu hotel sebagai ikon Pelabuhan Ratu adalah Inna Beach Hotel. Konon hotel ini memiliki cerita mistis yang berhubungan dengan penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Curug Cilember atau Air Terjun Cilember

Air terjun atau curug yang terdapat di daerah Puncak, Jawa Barat adalah lokasi yang tidak terlalu jauh dari Jakarta dan bisa menjadi tujuan wisata petualangan yang menarik untuk Anda sekeluarga. Di tempat ini, Anda dapat mengunjungi air terjun sebanyak tujuh buah. Dan untuk menaklukkan ketujuh air terjun butuh upaya yang tidak mudah.  Air terjun ini tidak jauh lokasinya dari pintu masuk.  Setelah memasuki pintu masuk, Anda bisa mengunjungi air terjun ke-7.curugcilember

Dari air terjun ke-7, tujuan selanjutnya adalah air terjun ke-5. Air terjun ke-6 memang terletak di antara air terjun ke-7 dan ke-5, namun tidak tersedia jalan setapak menuju air terjun tersebut. Untuk mencapai air terjun ke-5, medan yang harus dilalui mulai sulit. Jalan setapak yang licin dan berbatu harus dilewati untuk mencapainya. Lama perjalanan dari air terjun ke-7 hingga ke-5 memakan waktu kira-kira 20 hingga 30 menit berjalan kaki. Begitu sampai di air terjun ke-5, kondisi begitu indah dan lebih alami. Di sini juga tersedia fasilitas MCK, tenda dan juga kamar ganti pakaian. Ada juga warung makanan di area air terjun ke-5.

Setelah air terjun ke-5, petualangan yang sebenarnya dimulai. Untuk mencapai air terjun ke-4 hingga air terjun ke-1 butuh perjuangan yang cukup berat. Kondisi jalan yang licin, berbatu dan juga banyak lintah akan menambah tantangan. Namun begitu mencapai ke air terjun ini, akan ada perasaan bahagia karena berhasil melewati rintangan-rintangan di perjalanan yang cukup sulit. Kondisi air terjun juga begitu alami dan indah.

Kawah Putih

kawahputihKawah ini (2.194m dpl) sebenarnya terbentuk akibat letusan Gunung Patuha pada abad X dan XII silam. Gunung Patuha, atau sering juga disebut oleh masyarakat sekitar sebagai Gunung Sepuh (Pak Tua), memiliki ketinggian 2.434m diatas permukaan laut dan bersuhu sekitar 8-22 derajat celcius.

Air kawah ini katanya sedikit berbeda dengan kawah lain di Jawa Barat. Warna air yang terang dan selalu berubah2 akhirnya menjadi daya tarik tersendiri. permukaan kawah umumnya berbatu dan berpasir warna putih, sehingga kawah ini kemudian dikenal sebagai kawah putih. Beberapa peneliti mengatakan bahwa gunung patuha masih aktif, sehingga ditemukan beberapa pancaran kawah yang masih bergejolak. Karena pemandangannya yang mempesona, kawah putih ini dikenal juga sebagai tempat paling populer untuk membuat foto pre-wedding.

-6.235715 106.983752

 

Sumber

Share