Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa Barat

Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa Barat

Bandung Side, Bandara Husein – Sejak dinobatkan sebagai Destinasi Wisata Halal Terbaik Dunia, Februari lalu, Indonesia mulai berbenah agar menjadi destinasi paling ramah terhadap wisatawan muslim dunia.

Bimbingan teknis dan lokakarya dari Kementerian Pariwisata terhadap 10 Provinsi di Indonesia dalam menyatukan persepsi Pariwisata Halal atau yang sering disebut Halal Tourism merupakan salah satu bagian dari industri pariwisata yang ditujukan untuk wisatawan muslim dengan pelayanan yang mematuhi aturan syariah. Halal Tourism menjadi jaminan mutu bahwa semua produk dan jasa yang ditawarkan sudah sesuai dengan prinsip syariah. Selain itu, Halal Tourism dapat mendorong pelaku industri untuk memenuhi ketentuan dari konsep halal.

Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa BaratAdventure Halal Famtrip Jawa Barat 2020

Sebagai contoh, pelayanan dalam Wisata Halal ini di antaranya adalah hotel yang bersih dari makanan atau minuman tidak mengandung alkohol, atau yang memiliki kolam renang dan fasilitas publik yang terpisah untuk pria dan wanita.

Tidak hanya hotel, penyedia jasa transportasi juga diharuskan memakai konsep islami. Mereka dituntut untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan muslim dalam melaksanakan ibadah salat selama perjalanan. Kemudahan tersebut bisa diaplikasikan pada penyediaan tempat salat di dalam kendaraan baik bus, kereta, atau pesawat.

Istilah Halal Tourism harus intensif dikomunikasikan sebagai pariwisata yang bersahabat, ramah, dan terbuka. Bukan dipersepsi sebagai pariwisata yang tertutup dan tidak aman untuk pengunjung wisata non muslim. Mantan Menteri Pariwisata, Dr. Arief Yahya membeberkan sejumlah data mengenai prestasi Indonesia dalam Halal Tourism di kancah internasional. Pada tahun ini Indonesia berhasil menjadi The Best The World Halal Tourism Destination 2019 versi GMTI (Global Moslem Tourism Index). Posisi Indonesia mengalahkan Malaysia, Turki, dan Arab Saudi.

Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa BaratAdventure Halal Famtrip Jawa Barat 2020

Pertumbuhan Wisata Halal Indonesia tahun ini mencapai 42 persen. Adapun target kunjungan wisatawan halal dunia ke Indonesia tahun ini sebanyak 5 juta orang atau tumbuh 42 persen. Sedangkan tahun lalu sejumlah 3,5 juta. Target 5 juta wisatawan itu mencapai 25 persen dari target kunjungan 20 juta wisatawan mancanegara tahun ini.

Provinsi Jawa Barat merupakan salah satu 10 provinsi yang menjadi Destinasi Wisata Halal diharapkan dapat menyambut ramah bagi turis muslim maupun nonmuslim dengan menyajikan destinasi wisatanya dengan fasilitas penunjang yang harus sesuai standar halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Oleh sebab itu Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat menginisiasi kegiatan nomadic traveler dengan wisata halal melalui kegiatan Adventure Halal Famtrip yang dihadiri oleh para Travel Agent & Tour Operator dari berbagai daerah di Indonesia seperti NTB, Bali, Yogyakarta, Bengkulu & JawaTimur, dimana para peserta bukan hanya dapat menikmati keindahan alam tetapi juga dapat menjajal medan petualangan seperti berkendara Offroad dengan Motor Trails, LandRover 4×4 dan hiking dipegunungan.

Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa BaratAdventure Halal Famtrip Jawa Barat 2020

Iwan Darmawan, Kepala Bidang Pemasaran, Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat mengatakan bahwa Wisata Halal yang disosialisasikan oleh Disparbud Jawa Barat menitik beratkan pada konsep muslim frienly tourism atau Pariwisata Ramah Muslim. ” Pariwisata Ramah Muslim bagi negara yang mayoritas muslim, tidak menggunakan hukum Islam sebagai dasar negaranya namun memiliki komitmen halal pada produk yang ditawarkan dari mulai proses hingga destinasinya, “kata Iwan Darmawan, Senin (24/2/2020).

“Titik beratnya konsep Muslim Frienly Tourism pada program dan promosi dengan mengedepankan hospitality sesuai syariah, sehingga operator wisata miliki daya tawar, promosi dan amenitas yang menjadi daya tarik wisatawan Muslim,”jelas Iwan.

Iwan menambahkan, Jawa Barat memiliki tiga indikator kuat untuk menangkap peluang dalam menggenjot datangnya wisatawan Muslim. Pertama, Jawa Barat memiliki destinasi yang luar biasa menarik dan hal yang menjadi salah satu yang dibutuhkan bagi Muslim Traveller hampir seluruhnya ada, termasuk di dalamnya keindahan alam yang tak bisa ditemui di tempat lain.

Indikator kedua, Jawa Barat dengan mayoritas atau hampir 90 persen berpenduduk Muslim menjadi atmosfer yang baik untuk menyambut lebih banyak Muslim Traveller. “Feeling welcome” dari masyarakat Jawa Barat menjadi peluang tersendiri, turut serta menggarap segmen pelancong Muslim. Sedangkan Indikator ketiga adalah kuatnya ekosistem di Jawa barat terkait regulasi yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi yang ditunjang dengan keinginan dan dukungan masyarakat dalam mengembangkan wisata halal.

Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa BaratAdventure Halal Famtrip Jawa Barat 2020

Senada dengan Iwan Darmawan, Wakil Ketua 1 Asita DPD Jawa Barat, Daniel G. Nugraha (Exotic Java Trails) mengatakan secara infrastruktur, apa yang disampaikan oleh Bapak Iwan bahwa hal ini merupakan terobosan produk baru yang dapat dikombinasikan dengan kegiatan wisata rohani, seperti beribadah Sholat 5 waktu sambil mengunjungi kegiatan syiar masjid-masjid sekitar seperti Masjid Salman ITB, Eco Pesantren Daarut Tauhid, seluruh peserta dapat meninjau proses belajar mengajar dengan berbagai aktifitas Olah Raga Syariah seperti Berkuda dan Memanah, pengelola juga mensimulasikan kegiatan seperti ini bukan hanya untuk para santri tetapi oleh para wisatawan reguler dengan mengikuti program homestay 2 (dua) hari 1 (satu) malam di arena Pesantren. Dengan fasilitas dan kegiatan kerohanian dibimbing langsung oleh para pengasuh pondok Eco Pesantren Daarut Tauhid.

“Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Jawa Barat telah memberi fasilitas dan insentif untuk dapat dikembangkan oleh operator pariwisata dengan memodifikasi produk dalam industri pariwisata yang dapat ditawarkan sebagai Wisata Halal baik kepada wisatawan non-muslim maupun wisatawan muslim,”jelas Daniel.

Sebagai contoh, yang telah diselenggarakan oleh Disparbud Provinsi Jawa Barat yakni paket wisata halal denga tema “Adventure Halal Famtrip Kota Bandung & kabupaten Bandung Barat” pada Tanggal 19- 21 Februari 2020 belum lama ini dengan jadwal sebagai berikut,
Jadwal Kegiatan Famtrip:
Rabu, 19 Feb 2020;
-Kedatangan Peserta Famtrip
-Penjemputan di bandara dan stasiun keretaapi Bandung
-Mengunjungi Masjid & yayasan Salman ITB, meninjau fasilitas danmengikuti sholat ashar berjamaah.
-Sore hari Check in di Hotel
-Makan malam dan ramah tamah diterima oleh Team Pemasaran Disparbud Jawa Barat
-Istirahat

Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa BaratAdventure Halal Famtrip jawa Barat 2020

Kamis, 20 Feb 2020;
-Adventure Trails & 4×4 Tour
-Sarapan pagi dihotel
-Peserta menuju Gunung Tangkuban Perahu menggunakan Jeep Land Rover, cofee break dan menikmati pemandangan alam Puncak Gunung
-Kegiatan offroad 4×4 di lereng Gunung Tangkuban perahu
-Makan siang, picnic di alam terbuka,
-Mencoba kegiatan bermotor trails dialam terbuka sekitar Sukawana
-Melanjutkan perjalanan menuju Eco Pesantren Daarut Tauhid di Parongpong Lembang KBB
-Kembali ke Hotel untuk istirahat
-Makan malam.

Jumat, 21 Feb 2020,
-City Tour & Transfer Out
-Belanja oleh-oleh khas kota kembang,
-Makan siang di lokal restaurant
-Seluruh peserta diantar kembali menuju Bandara Soekarno Hatta & Kertajati

Adventure Halal Famtrip Salah Satu Unggulan Pariwisata Jawa BaratAdventure Halal Famtrip Jawa Barat 2020

“Destinasi di Jawa Barat sangat kaya, seperti area Puncak dan Bogor dengan pemandangan yang tidak dimiliki oleh daerah lain, wisata Rafting, Paragliding, Hiking dan lain-lain. Area Bandung Raya dapat menyajikan OFFROAD, Trails Motor, Hiking, Mountain Bike. Bahkan untuk daerah yang dari dulu juga telah memiliki destinasi aliran sungai yang terbaik seperti, Rafting si Sungai Cisadane, Rafting di Sungai Ciliwung & Rafting di Sungai Citarik Sukabumi sudah dikenal oleh wisatawan Timur Tengah,”papar Daniel.

“Begitu juga dengan wisata kulinernya, Bandung sebagai surganya Kuliner yang dapat ditawarkan mulai dari kawasan Bukit Dago, Bukit Punclut (lereng anteng) dan FloatingMarket serta Kampung Daun sudah lebih terkenal oleh wisatawan manca negara,”pungkas Daniel.***

Sumber

Share