Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Kebanyakan masyarakat hanya mengenal Sumedang hanya sebatas kuliner tahu, padahal banyak potensi pariwisata di Sumedang. Mengenai sejarah, potensi pariwisata serta kehidupan disana. Ada banyak pilihan destinasi wisata di Sumedang, mulai dari wisata alam, budaya, belanja sampai sejarah.

Sentra Industri Batik Sumedang

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Batik Sumedang motif Kembang Teratai Pakuan (https://galeriindustrisumedang.blogspot.co.id)

Sentra dari batik terletak di daerah Desa Cimasuk, Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang. Adapun motif motif batik khas Sumedang; seperti motif Lingga, Kembang Boled, Hanjuang, Klowongan Tahu, Mahkota (Siger) Binokasih, dan Pintu Srimangganti. Semua motif tersebut terinspirasi dari sejarah kerajaan yang pernah ada di Sumedang, Geusan Ulun. Disamping itu, terdapat motif-motif yang dipengaruhi budaya lokal daerah Cirebon, Yogyakarta, Solo maupun Pekalongan. Seperti Ragam Hias “Taburan Merica”, “Taburan Beras”, dan “Merak Ngibing”. (Baca: Batik Sumedang)

Sentra Industri Kerajinan Sepatu dan Tas Rajutan

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Sentra Industri kerajinan Sepatu dan Tas Rajut (https://saungmimitran.blogspot.co.id)

Sentra Industri kerajinan Sepatu dan Tas Rajut dan terletak di Dusun Nanggewer Rt. 04/05, Desa Padasuka, Kecamatan Sumedang Utara, Kabupaten Sumedang. Sebuah lembaga usaha yang bergerak dalam produksi dan pemasaran kerajinan tangan terutama rajutan. Lembaga ini membawahi para pengrajin yang memproduksi khususnya sepatu rajut. Produk sepatu rajut yang dihasilkannya cocok untuk tren masa kini: cantik, modis, gaya, berkualitas dan berkelas.

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Produk sepatu rajutan dari Sami (https://saung-mimitran.blogspot.co.id)

Sentra Industri Ukiran Kayu

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Sentra Ukiran Kayu (https://galeriindustrisumedang.blogspot.co.id)

Sentra industri kerajinan Ukiran Kayu terletak di Kecamatan Jatinangor menjadi Sentra di tunjang dengan dua Kecamatan lainnya yaitu Kecamatan Pamulihan dan Kecamatan Tanjungkerta. Dari ketiga Kecamatan tersebut Kabupaten Sumedang mampu menyediakan sekitar 100.000 buah kerajinan setiap bulannya, selain menopang Kota bandung sebagai pasar penjualan, kerajinan ini juga menembus pasaran Provinsi Bali sebagai target utama pengiriman hasil produksi kerajinan.

Sentra Industri Kerajinan Senapan Angin

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Sentra pengrajin Senapan Angin (https://galeriindustrisumedang.blogspot.co.id)

Sentra industri kerajinan Senapan Angin yang berada di Kecamatan Jatingor, selain terkenal dengan daerah pendidikan. Produksi Senapan Angin ini juga bisa menurut si pemesan ataupun bentuk yang sudah ada. kerajinan tangan ini di pasarkan di beberapa daerah, seperti Pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa dan Bali.

Dari hasil produksi diatas bisa dilihat juga ada beberapa jenis Senapan Angin yang mengadopsi Jenis Air Soft Gun, yang lagi booming sekarang, untuk menyiasati persaingan masuknya barang impor.

Sentra Kerajinan Batok Kelapa

Wisata Belanja di Sumedang Jawa Barat

Kerajinan Batok Kelapa (https://bpmpt-inv.sumedangkab.go.id)

Sentra ini terletak di Dusun Pasirkaro, Desa Tarikolot, Kecamatan Jatinungga, Kabupaten Sumedang.

Kerajinan ini menfaatkan limbah kelapa menjadi barang-barang unik dan menarik yang memiliki harga jual. Siapa sangka, batok kelapa yang tadinya hanya teronggok di tempat sampah bias menjadi barang yang istimewa dan menjadi ciri khas kota Sumedang.

Batok Kelapa mempunyai tekstur kayu yang unik dan terlihat alami. Mereka yang menyukai barang-barang dari kayu dapat dipastikan tertarik membeli kerajinan batok kelapa ini. Aneka produk yang dihasilkan dari batok kelapa di antaranya tas, jepit rambut, hiasan dinding, rak majalah dan lain sebagainya.

Sumber

Share