Waduk jawa barat – Peluang Usaha Bandung – Pariwisata Bandung

Waduk jawa barat – Peluang Usaha Bandung – Pariwisata Bandung

Waduk saguling merupakan waduk yang lokasinya berada di Batujajar Bandung Barat. Waduk ini menjadi objek wisata baik wisatawan lokal maupun asing.

Wisata Waduk Saguling – Waduk Saguling merupakan salah satu diantara tiga waduk yang membendung aliran Sungai Citarum. Selain waduk saguling, waduk lainnya yang membendung sungai citarum adalah Waduk Jatiluhur dan Cirata. Bendungan Saguling ini berketinggian kurang lebih 643 mtr di atas permukaan laut. Yang awal mulanya digunakan sebagai Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) dengan kemampuannya yang dapat mencapai 1. 400 MW.

Baca Juga Tentang Sejarah Kota Bandung

Dengan lokasi yang yang berada di Bandung Barat, tepatnya di Batujajar. Bendungan ini akhirnya diinovasi menjadi tempat wisata yang menarik perhatian banyak wisatawan. Berbagai manfaat yang dapat disulap oleh bendungan ini. Diantaranya Untuk bidang perikanan, bidang pariwisata, agri-akuakultur, dan lainnya. Hal ini merupakan kreasi dan innovasi yang dilakukan oleh penduduk setempat dan Pemerintah Daerah. Banyak manfaat yang diperoleh bagi masyarakat seekitar untuk menumbuhkan perekonomian masyarakat.

Waduk saguling batujajar

Wisata Waduk Saguling

Objek Wisata Waduk Saguling ini berada di Bandung Barat. Area sekeliling Waduk Saguling berbentuk perbukitan, dan banyak sumber air yang berperan penting pada waduk ini. Hal ini sangatlah membuat bentuk Waduk Saguling tidak teratur dengan adanya banyak teluk yang ada di sana.

Peningkatan populasi petani mengakibatkan berkurangnya lahan yang dapat diolah. Sehingga mereka dipaksa untuk mengembangkan lahan pertanian mereka dengan melakukan pembabatan hutan. Sebagai akibatnya, muncul masalah banjir dan longsor di saat musim hujan datang. Meskipun demikian, potensi pariwisata yang ada di waduk saguling ini masih terbilang potensial. Hal dikarenakan banyak pengunjung dari berbagai daerah yang datang untuk rekreasi.

Bendungan saguling

Fasilitas
Wisata Waduk Saguling di Batujajar ini memiliki fasilitas dan pelayanan di antaranya sebagai berikut :

  • Area Parkir kendaraan
  • Mushola
  • Kamar mandi / MCK
  • Penginapan
  • Dan masih banyak lainya

Rute dan Transportasi

Untuk wisatawan lokal asal kota bandung mungkin sudah tidak bingung lagi untuk mendatangi lokasi Wisata Waduk Saguling ini. Namun, bagaimana bagi wisatawan luar kota bahkan wisatawan asing. Tentu mereka bingung dan butuh panduan untuk sampai ke tujuan.

Wisata waduk saguling

Tentunya sarana transportasi apa yang anda pakai untuk berwisata ke Wisata Waduk Saguling ?

Jika anda menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil. Anda tidak perlu takut kesasar. Zaman sudah modern. Tinggal anda ikuti saja petunjuk pada google maps pada smartphone anda. Akan tetapi jika anda memakai kendaraan umum. Anda bisa menaiki kendaraan umum ke arah terminal bus kota atau desa tujuan anda. Setelah itu, lanjutkan dengan menggunakan angkutan umum kecil atau ojek untuk sampai ke waduk saguling.

Saran dan Tips

Saran dan tips sebelum menuju ke Objek Wisata Waduk Saguling ini. Anda perlu mempersiapkan keperluan dan kebutuhan keluarga saat berlibur. Mungkin akan berbeda beda setiap orqngnya. Siqpkan juga beberapa barang tambahan seperti kamera atau power bank handphone untuk jaga jaga kehabisan power baterai. Karena disana anda pasti ingin mengabadikan moment bersama kelurga ataupun teman dekat anda

Jangan lupa bawa perlengkapan mandi jika anda berniat bermalam di sana. Contohnya adalah sabun, tissue basah, sampo, sikat gigi, dan antiseptik. Jaga keadaan fisik dan kendaraan anda supaya liburan anda berjalan dengan lancar. Jaga kondisi badan anda dan selalu hati – hati.

Baca Juga Tentang Objek Wisata Waduk Cirata.

Sumber

Share