Pengaruh Komunikasi, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan KerjaSerta Implikasinya Pada KinerjaDosen PadaPerguruan Tinggi Pariwisata Swasta Di Jawa Barat .

Heru Riyadi, NPM 139010002 (2017) Pengaruh Komunikasi, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan KerjaSerta Implikasinya Pada KinerjaDosen PadaPerguruan Tinggi Pariwisata Swasta Di Jawa Barat . Disertasi(S3) thesis, UNPAS.

Abstract

Heru Riyadi, NPM: 139010002, Pengaruh Komunikasi, Motivasi Kerja Dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja Serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Pariwisata Swasta Di Jawa Barat, dengan bimbingan Prof. Dr. H. Suryana Sumantri,S.Psi.,MSIE selaku Promotor dan Dr. H. R. Abdul Maqin,SE.,MP selaku Co-Promotor.
Latar belakang dari penelitian ini didasarkan pada fenomena yang ada dimana kinerja dosen yang belum optimal sehingga kualitas lulusan belum optimal pada saat ini. Adapun yang menjadi faktor utama rendahnya kinerja dosen adalah tingkat kepuasan kerja dosen dalam bekerja masih rendah. Berdasarkan penelitian awal, rendahnya kepuasan kerja lebih disebabkan belum optimalnya komunikasi, rendahnya motivasi kerja dan lemahnya kompetensi dosen Perguruan Tinggi Pariwisata Swasta di Jawa Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan mengkaji Pengaruh Komunikasi, Motivasi kerjan dan Kompetensi Terhadap Kepuasan Kerja serta Implikasinya Pada Kinerja Dosen Perguruan Tinggi Pariwisata Swasta di Jawa Barat.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif dan verifikatif, metode peneltian yang digunakan descriptive survey dan exlanantory survey. Dalam penelitian ini yang menjadi sampel adalah dosen Perguruan Tinggi Pariwisata Swasta di Jawa Barat sebanyak 224 dosen. Metode analisis dalam penelitian ini menggunakan analisa jalur ( Path Analysis ).
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa terdapat pengaruh langsung Komunikasi terhadap Kepuasan Kerja sebesaR 3,6 persen, pengaruh langsung Motivasi Kerja terhadap Kepuasan Kerja sebesar 20,3 persen, pengaruh langsung Kompetensi terhadap Kepuasan Kerja sebesar 12,9 persen. Secara simultan pengaruh varabel bebas terhadap Kepuasan Kerja sebesar 70 persen sisanya sebesar 30 persen merupakan faktor lain yang tidak diteliti namun turut mempengaruhi Kepuasan Kerja, dan pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Dosen sebesar 73,5 persen, sisanya sebesar 26,5 persen merupakan faktor lain yang tidak diteliti namun turut mempengaruhi.

Actions (login required)

View Item View Item

Sumber

Share