Pariwisata | Bandung Jawa Barat

Pariwisata | Bandung Jawa Barat

Kampung Toga Sumedang


Kampung Toga Sumedang
dengan latar belakang pegunungan yang indah mempunyai Motto “One Stop Adventure” dimana pengunjung dapat menikmati beraneka ragam kegiatan baik di udara, air atau daratan.

Pariwisata | Bandung Jawa Barat

untuk kegiatan udara baik yang ingin belajar atau menguji adrenalin di Kampung Toga terdapat wahana Gantole dan paralayang lengkap dengan instruktur, namun bagi yang hanya ingin sekedar menikmati keindahan alam Master Thundem lebih cocok untuk digunakan.

Kampung Toga berlokasi di Jl. Makam Cut Nyak Dien Gn Puyuh Desa Sukajaya- Sumedang Selatan, Jawa Barat.

Bila menyukai wisata air disini terdapat wahana Raffting (Arung Jeram), Kolam Renang dewasa dan anak-anak dengan nuansa pegunungan serta pemancingan di danau buatan diatas bukit paling tinggi, atau sekedar mancing keluarga diatas perahu.

Namun bila tidak suka wahan air dan udara, wahan darat seperti rekreasi keluarga dengan menikmati suasana alam pegunungan, jalan-jalan dengan suasana pedesaan, naik sepeda gunung, untuk kegiatan Outbound lengkap dengan segala fasilitas dan permainannya.

Setelah lelah menikmati wisata alam dan wahana di kampung Toga Sumedang. Saung-saung tempat makan dengan iringan musik lagu sunda serta makanan khas yang menggoyang lidah akan bergantian memanjakan liburan anda dan keluarga.

Leave a comment | tags: Air, Alam, Fasilitas, jawa barat, Kampung Toga, Kampung Toga Sumedang, Portal Jawa Barat, Sumedang, Sunda, Wisata | posted in Pariwisata

Taman Ganesha Bandung

Pariwisata | Bandung Jawa BaratMerupakan sebuah taman kota yang terletak di Jalan Ganesha – Bandung, persis di depan Kampus Institut Teknologi Bandung. Dari segi ukuran, taman ini tidak begitu luas namun sangat asri karena berbagai tumbuhan yang ada di taman dan sekitarnya. Taman dilengkapi dengan banyak tempat duduk yang dapat digunakan untuk refreshing khususnya di siang hari. Karena lokasinya tidak jauh dari Kebun Binatang Bandung, taman ini sering digunakan oleh para pengunjung kebun binatang untuk beristirahat bersama keluarga sambil menikmati makan siang.

Di sekitar taman tumbuh pepohonan yang tinggi yang dihuni oleh beraneka ragam burung. Memang, kawasan Jalan Ganesha diperuntukkan bagi konservasi beraneka ragam burung sehingga tidak satu pun burung yang ada diperbolehkan untuk diburu.
Bagi yang ingin berkuda sambil berkeliling taman, di sekitar taman terdapat banyak sekali penyewaan kuda. Bagi anak kecil dapat didampingi oleh sang pemilik kuda, atau bagi yang sudah berani berkuda sendiri dapat melakukannya tanpa didampingi sang pemilik kuda. Bagi keluarga yang ingin beramai-ramai menikmati taman dapat menyewa dokar yang dikendalikan oleh sang pemilik dokar.

Untuk berada di Taman Ganesha pengunjung tak akan dipungut biaya sepeserpun alias gratis asalkan jangan merusak keindahan dan ketertiban taman kota ini. SUMBER : www.jawa-barat.com

Leave a comment | tags: bandung, Institut Teknologi Bandung, Jalan Ganesha, Kampus Institut Teknologi Bandung, Taman Ganesha Bandung | posted in Pariwisata

Taman Buah Mekarsari

Pariwisata | Bandung Jawa BaratTaman Buah Mekarsari merupakan tempat wisata yang menyediakan beraneka ragam jenis tanaman buah – buahan tropis yang ada di seluruh wilayah Indonesia. Taman ini terletak di daerah Cileungsi, Kabupaten Bogor, Jawa Barat dan lokasinya tidak terlalu jauh dan cukup dijangkau untuk harga tiketnya juga tidak mahal.

Tempat wisata Mekarsari menempati lahan seluas 264 hektar dan memiliki berbagai jenis tanaman buah asli dari seluruh Indonesia, seperti : kebun melon, kebun semangka, kebun rambutan, kebun nanas, kebun mangga dan masih banyak lagi buah-buahan khas Indonesia lainnya. Walaupun dominasi pohon buah-bahan tetapi juga ditanami berbagai jenis sayur-sayuran, tanaman padi, kolam pemancingan dan sebagainya.
Sebagai tempat tujuan wisata, Taman Buah Mekarsari tidak hanya menyediakan lahan tanaman saja, tetapi di tempat ini mengelola berbagai jenis sarana wisata seperti, area outbound, tempat bermain anak-anak, rumah kaca, pemancingan ikan, family garden, bangunan air terjun, pongo show, kereta keliling, penyewaan sepeda, acara musik dan sarana wisata lainnya yang ada di taman wisata tersebut. Luasnya area taman buah menjadi alasan digunakannya kereta keliling untuk memudahkan pengunjung berkeliling taman tanpa rasa lelah, kelebihan dari kereta keliling ini, kita ditemani seorang pemandu wisata lalu diajak berkeliling di area taman tersebut.

Disamping memanjakan mata dengan nuansa taman yang begitu luas dan indah. Taman buah ini menyediakan paket-paket wisata seperti seperti memetik buah sendiri langsung dari kebunnya, menikmati buahnya, kegiatan seperti family garden yang untuk dilakukan bersama keluarga seperti berkumpul bersama, arisan dan sebagainya. SUMBER : jawa-barat.com

Leave a comment | tags: Buah, Cileungsi, jawa barat, Kabupaten Bogor, Taman Buah Mekarsari | posted in Pariwisata

Kuda Renggong

Pariwisata | Bandung Jawa BaratKuda Renggong merupakan warisan budaya nenek moyang yang hingga kini keberadaanya masih diminati banyak orang, kesenian asli Sumedang Jawa Barat ini biasanya ditampilkan pada saat acara khitanan, sebelum dikhitan sang anak dinaikkan keatas kuda untuk berkeliling kampung dengan diikuti nyanyian sinden dan tetabuhan meriah.Musik yang mengiringi juga tak kalah meriah mulai dari musik tradisional hingga modern, sang kuda juga tak henti-henti nya menaridikelilingi oleh sejumlah orang yang terdiri dari anak-anak juga remaja.

Menurut beberapa seniman, kuda renggong muncul pertama kali di desa Cikurubuk, kecamatan Buah Dua, kabupaten Sumedang.Terdapat juga festival kuda renggong dimana peserta festival ini berasal dari berbagai desa di kabupaten Sumedang.Festival kuda Renggong biasanya lebih meriah dari pada pertunjukan kuda Renggong yang terdapat di desa-desa karena banyaknya peserta festival ini sehingga semakin banyak kreatifitas yang di tampilkan, seperti aksesoris pada kuda, jumlah kuda dan lainnya.

Kuda Renggong warisan budaya sunda ini tentu berbeda dengan kesenian yang ada di jawa tengah, karena kuda renggong menggunakan kuda asli, sedangkan di jawa tengah menggunakan kuda yang terbuat dari anyaman bambu.

Leave a comment | tags: Budaya, budaya sunda, jawa barat, kabupaten sumedang, Kesenian, Kuda Renggong, Kuda Renggong Warisan Budaya, Musik, Sumedang, Tradisional, warisan budaya, Wisata | posted in Pariwisata

Pengembangan Pulau dan Pesisir Indramayu

Pariwisata | Bandung Jawa BaratKeberadaan pesisir dan pulau di wilayah Kabupaten Indramamyu, tidak lepas dari perhatian Kang Yance, pria dengan nama aseli H. Irianto MS Syafiuddin ini merupakan Bupati Indramayu periode 2000-2010 yang mempunyai tangan dingin dalam menggarap Pembangunan di Indramayu. Ini juga yang dilakukannya terhadap keberadaan Pulau Biawak, pulau yang terletak sekitar 40 km utara Indramayu ini sedang berbenah diri sebagai tempat tujuan wisata di Jawa Barat. Secara administrasi wilayah pulau biawak masih masuk Kabupaten Indramayu, pulau yang belum banyak tersentuh manusia ini menawarka pesona keberadaan biawal liar dan pemandangan alam yang begitu indah disapanjang pesisir pulau.

Inilah potensi yang perlu segera mendapat tanggapan dan perhatian khusus hingga kelak Pulau Biawak disamping sebagai tempat konservasi juga dapat sebagai tempat tujuan wisata. Sekalipun pemerintah daerah dan pemerintah pusat telah berusaha sekuat tenaga untuk mengembangkan Pulau Biawak sebagai kawasan konservasi, kini memang membutuhkan peran serta dari dunia usaha untuk ikut mengembangkan kawasan ini agar bisa menjadi unggulan wisata bagi Kabupaten Indramayu. Peran swasta diperlukan untuk mempercepat akselerasi pengembangan Pulau Biawak agar terjaga keasriannya di satu sisi, tetapi pada sisi lain, juga bisa memicu pertumbuhan perekonomian daerah.

Kedepannya diharapkan keberadaan Pulau Biawak bisa sejajar dengan tempat wisata di Jawa Barat seperti; Tangkuban Perahu, Pantai Pangandaran, Pelabuhan Ratu, Puncak Pass serta obyek wisata lain di Jabar.

Leave a comment | tags: BUpati Indramayu, Jabar, jawa barat, kabupaten indramayu, Kang Yance, pantai pangandaran, Pengembangan Pulau dan Pesisir Indramayu, Pesisir Indramayu, Pulau Biawak, tangkuban perahu, Tempat Wisata di Jawa Barat | posted in Pariwisata

Obyek Wisata Pelabuhan Ratu

Pelabuhan Ratu berjarak 70 Km dari kota Sukabumi arah barat daya. Jalan ke kawasan ini relatif sudah bagus karena selain tempat tujuan wisata, juga sebagai tempat pusat pemerintahan kabupaten Sukabumi.

Dengan tiket Rp. 2.000/ orang (dewasa), Rp. 1.000 (anak anak), mobil Rp. 5.000, anda dapat menikmati pesona pantai yang sangat menawan. Air yang berwarna biru kehijauan tampak berkilau disiang hari.

Pelabuhan ratu
Pelabuhan Ratu merupakan sebuah teluk dengan ombak yang tenang namun cukup berbahaya karena kedatangan ombak besar yang kadang tidak terduga dan relief dasar pantai yang curam landai.

Pelabuhan Ratu merupakan sebuah teluk dengan ombak yang tenang namun cukup berbahaya karena kedatangan ombak besar yang kadang tidak terduga dan relief dasar pantai yang curam landai.

Dikawasan Pelabuhan Ratu ini anda bisa membeli ikan ikan segar yang tersedia di TPI (Tempat Pelelangan Ikan). Fasilitas hotel bervariasi dari kelas murah s/d kelas mahal. Salah satu hotel sebagai ikon Pelabuhan Ratu adalah Inna Beach Hotel. Konon hotel ini memiliki cerita mistis yang berhubungan dengan penguasa pantai selatan, Nyi Roro Kidul.

Disamping Inna Beach Hotel terdapat taman yang bisa jadi tempat parkir dan bermain dengan air laut. Tempat ini dibawah pengelolaan Hotel Kadaka. Suasana cukup rindang, terdapat fasilitas MCK dan juga banyak pedagang yang menjajakan jajanan dan es kelapa muda. Diseberang taman masih dijumpai hutan (Sukawayana) dan terkadang monyet ekor panjang (Macaca sp) ikut bermain, mencari sisa sisa makan bekas pengunjung.

Leave a comment | tags: Hotel Kadaka, Inna Beach Hotel, Kabupaten Sukabumi, Nyi Roro Kidul, Obyek Wisata, Obyek Wisata Pelabuhan Ratu, ombak besar, pelabuhan ratu, Sukabumi, travel | posted in Pariwisata

Taman Wisata Mekarsari

Taman Wisata Mekarsari dibangun sejak tahun 1991 dan diresmikan pada tanggal 14 Oktober 1995 oleh Alm. Ibu Tien Soeharto sebagai tempat pengembangan pertanian dan pariwisata. Taman seluas 264 hektar ini merupakan salah satu pusat pertanian keanekaragaman hayati buah-buahan tropis terbesar di dunia. Taman Wisata Mekarsari memiliki program 4 si yaitu : Konservasi, Reboisasi, Edukasi, dan Rekreasi dalam setiap aspek kegiatannya, mulai dari pelatihan, event tahunan hingga paket wisata.

Taman Wisata Mekarsari memiliki pola taman berbentuk daun Lamtoro Gung. Lamtoro Gung menjadi icon utama karena tanaman tersebut merupakan symbol tanaman serbaguna, mulai dari akar, daun, bunga hingga buah. Besar harapan kami bahwa Taman Wisata Mekarsari akan selalu bermanfaat bukan hanya bagi masyarakat sekitar namun masyarakat luas seperti tanaman Lamtoro Gung.

Hal yang paling identik dengan Taman Wisata Mekarsari adalah koleksi tanaman-tanaman buah tropisnya yang terlengkap di dunia, yaitu : lebih dari 100.000 jenis tanaman buah yang terdiri atas 78 spesies dan 1472 varietas. Melalui beberapa paket wisatanya, para pengunjung berkesempatan meninjau langsung kebun-kebun buah seperti Salak, Belimbing, Abiu, Lengkeng dan lain sebagainya. Bahkan dilokasi green house Melon, para pengunjung dapat langsung merasakan sensasi memetik melon dari pohonnya. Pengunjung juga dapat melihat buah yang jarang ditemui, contohnya Nangkadak, Sawo Raksasa, Biriba dan masih banyak lainnya. Untuk akomodasi, Taman Wisata Mekarsari menyediakan fasilitas menginap di Rumah Pohon Leo dan The Cabin (Hotel Container).

Di Mekarsari sendiri terdapat begitu banyak atraksi wisata seperti Family Garden dimana keluarga bisa belajar menanam padi, memancing, petik sayur, dan mengunjungi Baby Zoo. Tidak jauh dari lokasi Family Garden terdapat sebuah Kanal yang menghubungkan antara Danau Wiratama dan Danau Mekarsari dan dapat dilayari oleh perahu-perahu naga yang nyaman. Di ujung kanal kita dapat menemui lokasi permainan ketangkasan Outbound yang dapat melayani pengunjung secara grup maupun regular. Tepat berhadapan dengan lokasi Outbound terdapat danau Mekarsari yang total luasnya mencapai 27,5 hektar. Di area danau ini pun terdapat berbagai macam permainan air yang sangat menarik, mulai dari Floating Donut, Canoeing, Banana Boat, Bebek Air, Kayak, Water Bike dan lainnya.

Selain atraksi-atraksi tersebut, Taman Wisata Mekarsari juga meluncurkan paket Family Tour seperti Greenland Tour, Paddy Legend Tour, Smart Cultivation Tour, Tropical Tour (sumber: http://www.mekarsari.com )

Leave a comment | posted in Pariwisata

Sumber

Share