Kuningan, Satu Lagi Pesona Wisata Jawa Barat

Kuningan, Satu Lagi Pesona Wisata Jawa Barat
detikTravel Community

Sudah banyak wisatawan yang berakhir pekan ke Cirebon. Namun sedikit ke arah tenggara, ada Kabupaten Kuningan dengan aneka destinasi mulai dari Gunung Ciremai, situs purbakala, wisata belanja, sampai ikan dewa yang ajaib.

Awal tahun ini salah satu Kabupaten di Provinsi Jawa Barat yaitu Kabupaten Kuningan mencanangkan Visit Kuningan 2015. Berbagai persiapan telah dilakukan dalam menyambut program besar pariwisata di Kabupaten Kuningan dan dibutuhkan dukungan penuh dari para pelaku usaha dan instansi setempat untuk mensukseskan program tersebut.

Drs Teddy Suminar MSi, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kab Kuningan, mengatakan pesona alam dan keunikan seni budaya Kabupaten Kuningan menjadi daya tarik untuk mengundang wisatawan untuk datang. Ada wisata alam yang mendukung seperti Taman Nasional Gunung Ciremai, kemudian banyaknya kegiatan atraksi budaya yang tentunya bisa dinikmati oleh wisatawan.

Kemudahan akses dan infrastruktur yang memadai, keramah-tamahan dalam pelayanan, berbagai diskon yang dusuguhkan oleh para pelaku usaha dan cinderamata, bisa menarik orang datang ke Kuningan. Selain itu, kawasan wisata persawahan yang terdapat desa wisata, agro wisata dan lain-lain telah disiapkan.

Kuningan juga dikenal sebagai lintasan manusia purba sekitar 3.500 tahun sebelum masehi dimana peradaban zaman pra sejarah ini juga merupakan salah satu objek wisata yang menarik dan edukatif. Rencananya akan dibangun kampung wisata pra sejarah di Taman Purbakala Cipari.

Tentunya, dengan kemurahan hati saya mengajak para wisatawan datanglah ke Kuningan. Dimana sebutan Surga di Timur Jawa Barat terdapat di sini. Jadi datanglah ke Kuningan jika ingin jalan-jalan.

Letak dan lokasi Kabupaten Kuningan dengan luas wilayah 1.178,57 km2 terletak di kaki Gunung Ciremai. Sebelah utara berbatasan dengan Kabupaten Cirebon, sebelah timur dengan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, sebelah selatan dengan Kabupaten Cilacap, Provinsi Jawa Tengah, dan Kabupaten Ciamis, serta sebelah barat dengan Kabupaten Majalengka.

Akses transportasi menuju kuningan sangatlah terjangkau dan mudah, semua melalui transportasi darat. Jika Anda menggunakan kereta ada dua pilihan yaitu naik Argo Jati atau Cirebon Express dan turun di Stasiun Cirebon Kejaksan.

Dari Stasiun Cirebon Kejaksan banyak mobil travel (jenis Elf) yang menawarkan langsung tujuan Kuningan. Atau kalau mau jauh sedikit dari Stasiun Cirebon Kejaksan naik angkot ke Terminal Cirebon dan dilanjut naik bus jenis elf ke Kuningan.

Bagi yang lebih suka menggunakan bus ke Kuningan banyak pilihannya jadwalnya. Bus-bus antarkota yang beroperasi ke Kuningan diantaranya adalah Luragung Jaya, Putra/Putri Luragung, Setia Negara, Sahabat, DAMRI dan Aman Sejahtera. Jika dengan kendaraan pribadi dapat menggunakan jalur Pantura maupun jalur Tengah atau jalur-jalur yang terdekat dengan lokasi keberangkatan Anda.

Sumber

Share