Kab Tasikmalaya siap kembangkan pariwisata Priangan Timur

Kab Tasikmalaya siap kembangkan pariwisata Priangan Timur

Singaparna (Antaranews Jabar) – Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat, siap mendukung kesepakatan bersama antardaerah dalam mengembangkan pariwisata dan ekonomi kreatif se-Priangan Timur dan menata destinasi wisata yang berkelanjutan sehingga dapat mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat.

“Pencanangan rencana aksi pengembangan pariwisata terintegrasi Priangan Timur merupakan tindaklanjut dari kesepakatan bersama yang telah ditandatangani oleh para kepala daerah se-Priangan Timur pada 8 Februari 2018 yang lalu,” kata Staf Ahli Bidang Ekonomi dan Pembangunan Kabupaten Tasikmalaya Safari Agustin melalui siaran pers di Tasikmalaya, Sabtu.

Pembahasan kerjasama pariwisata tersebut pernah disampaikan juga oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Abdul Kodir pada acara Pencanangan Rencana Aksi Pengembangan Pariwisata Terintegrasi Priangan Timur yang berlangsung di Kantor Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya, Kamis (19/4).

Acara tersebut dihadiri Kepala Badan Koordinasi Pemerintahan Pembangunan Wilayah (Bakorwil) IV Provinsi Jawa Barat, Dedi Mulyadi, pejabat pemerintah daerah Kota/Kabupaten se-Priangan Timur, jajaran Bank Indonesia Perwakilan Jawa Barat dan Perwakilan Tasikmalaya serta pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif se-Priangan Timur.

Safari menyampaikan, tujuan kesepakatan bersama tersebut sebagai dasar pelaksanaan kegiatan pengembangan wisata dan ekonomi kreatif di wilayah Priangan Timur dan untuk memfungsikan potensi dan kewenangan masing-masing pemerintah daerah dalam membangun sektor wisata.

“Kesepakatan bersama tersebut berisikan tentang pengembangan pariwisata dan ekonomi kreatif di wilayah priangan timur,” kata Safari Agustin.

Kepala Bakorwil IV Provinsi Jawa Barat Dedi Mulyadi menyampaikan seperti yang disampaikan Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan antaralain, kebijakan bidang pariwisata dan ekonomi kreatif merupakan wujud dari desentralisasi dan otonomi daerah.

Selain itu telah memberikan kesempatan kepada pemerintah kabupaten dan kota di Jawa Barat untuk terus dapat meningkatkan kualitas pelayanan publik dan mengupayakan kemandirian dalam melaksanakan pembangunan, termasuk di dalamnya program kerjasama antardaerah di bidang pariwisata.

“Peningkatan target kunjungan wisata memerlukan kerjasama antarapemerintah, organisasi sosial, swasta, pendidikan, dan masyarakat. Kesemuanya dapat terwujud dengan membangun destinasi, industri, kelembagaan, dan pemasaran pariwisata,” katanya.

Kepala Bank Indonesia Perwakilan Tasikmalaya, Heru Saptaji menyambut baik upaya pemerintah daerah se-Priangan Timur dalam mengembangkan sektor pariwisata sehingga dapat membantu pertumbuhan ekonomi nasional secara makro.

“Dengan konsep pariwisata yang terintegrasi dengan baik, sektor pariwisata di Priangan Timur akan menjadi sumber pertumbuhan ekonomi baru, dewasa ini sektor pariwisata mempunyai pengaruh yang sangat positif terhadap penerimaan devisa negara,” katanya.

Ia menambahkan, industri pariwisata di Indonesia telah memberikan kontribusi dalam menumbuh kembangkan perekonomian daerah dibandingkan dengan industri keuangan.

“Fakta yang terjadi saat ini, industri pariwisata ternyata lebih memberikan kontribusi paba pertumbuhan ekonomi dibanding dengan industri keuangan sekalipun, kita harus optimis sektor pariwisata akan mampu mendorong terciptanya kesejahteraan masyarakat,” katanya.

Sumber

Share