Jawa Barat | Blog Adhi Ksp

Jawa Barat | Blog Adhi Ksp

KOMPAS
Bisnis & Investasi
Kamis, 26 Mei 2005

Jalur Penerbangan Bandung-Singapura Dibuka* Gubernur Jawa Barat Janjikan Izin Usaha Keluar 30 Hari

Singapura, Kompas – Maskapai penerbangan Merpati Nusantara, Rabu (25/5), resmi membuka jalur penerbangan langsung Bandung-Singapura pergi pulang. Langkah ini merupakan upaya Merpati menggarap pasar potensial Jawa Barat.

“Jalur ini menguntungkan karena survei kami menunjukkan banyak pebisnis dan masyarakat Jawa Barat yang terbang ke Singapura. Sebaliknya, banyak orang Singapura yang datang ke Bandung, terutama untuk menggarap peluang bisnis,” kata Presiden Direktur Merpati Nusantara Hotasi Nababan ketika meresmikan jalur baru tersebut, seperti dilaporkan wartawan Kompas Robert Adhi Kusumaputra, semalam.

Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan, ketika bertemu dengan pengusaha Singapura dalam acara “Grand Launching Exploring Business Opportunities in West Java” di Kedutaan Besar RI di Singapura, Rabu sore, berjanji akan mengeluarkan izin usaha dalam waktu 30 hari. Sebab itu, pihaknya mengundang pengusaha Singapura datang ke Bandung.

Di Jawa Barat banyak yang bisa digarap, mulai dari agrobisnis, kelautan, pariwisata, jasa dan perdagangan, industri manufaktur, dan sumber daya manusia.

Pungli marak
Dalam acara tanya jawab tersebut, seorang pengusaha Singapura mempertanyakan kapan pastinya UU Investasi disahkan oleh DPR.
Menurut Danny, keputusan itu merupakan wewenang pemerintah pusat. Akan tetapi, Pemerintah Provinsi Jawa Barat mendorong agar regulasi itu segera disahkan.

“Yang pasti, saya bersama para bupati dan wali kota di Jawa Barat akan all out memberikan fasilitas kepada pengusaha Singapura dan jaminan kemudahan perizinan,” kata Danny.

Seorang pengusaha lainnya juga mempertanyakan maraknya pungli. Nilai pungli itu tidak sedikit, yakni bisa mencapai 20.000-30.000 dollar AS agar bisa mendapatkan izin usaha. Atas pertanyaan itu Danny tidak berkomentar.

Gubernur Jawa Barat ini hanya mengatakan, saat ini tengah dikembangkan pelayanan satu atap bagi pengusaha yang akan meminta izin usaha.
Seorang pengusaha asal Bandung yang kini bermukim di Singapura, Setyadi Ongkowidjaja, mengatakan, selama ini hubungan dagang antara pelaku bisnis Jabar dan Singapura kurang. Dengan adanya lembaga Indonesian Business Centre of Singapore yang diketuainya, dirinya bersedia membantu memberi akses jaringan bisnis.

Danny pun menyambut ajakan itu dan meminta Setyadi memperkenalkan Jawa Barat dengan segala potensinya. Bahkan, dirinya setuju untuk didirikan pelatihan bahasa Mandarin di Bandung, mengingat pengusaha tekstil dari China akan merelokasi pabriknya ke Jawa Barat.

Mengenai keamanan di Jawa Barat, Danny menjaminnya, sambil memperkenalkan Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Sriyanto yang ikut hadir.
Secara terpisah, Deputy Regional Director ASEAN International Operations Singapore Tourism Board (STB) Lee Kai Yin gembira dapat bekerja sama dengan Merpati. Menurut dia, penerbangan langsung ini akan saling menguntungkan kedua belah pihak.

Tahun lalu, jumlah orang Indonesia yang datang ke Singapura tercatat 1,76 juta orang. Sebaliknya, jumlah warga Singapura yang mengunjungi berbagai tempat di Indonesia sekitar 1,4 juta orang.

“Penerbangan Bandung-Singapura ini sangat penting, terutama membuka hubungan bisnis lebih erat,” kata Lee. Selama ini orang Singapura ke Indonesia lewat Batam, Bali, dan Jakarta.

Gubernur Jawa Barat Danny Setiawan yang ikut terbang ke Singapura dengan pesawat Boeing 737-200 dari Bandara Husein Sastranegara berharap penerbangan langsung Bandung-Singapura ini menjadi titik awal kebangkitan ekonomi Jawa Barat.

“Saya percaya Jawa Barat tumbuh menjadi kekuatan ekonomi di Tanah Air. Kota Bandung saat ini merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia. Dengan adanya penerbangan langsung jalur Bandung-Singapura ini diharapkan dapat membuka peluang bisnis dan kerja sama yang lebih erat antara pengusaha Singapura dan Jawa Barat di bidang sosial budaya,” kata Danny.

LINK TERKAIT http://www.indoprof.com/default.asp?page=5ibc.asp, http://www.merpati.co.id/, http://www.allbandung.com/, http://www.geocities.com/bandungcity/

Sumber

Share