BIRO PEMERINTAHAN DAN KERJASAMA PROVINSI JAWA BARAT

BIRO PEMERINTAHAN DAN KERJASAMA PROVINSI JAWA BARAT

4 Kerja Sama Sister Province antara Jawa Barat dengan Guangxi Zhuang, Chongqing, Sichuan dan Heilongjiang, RRT

Penandatanganan Agreement Kerjasama Bersaudara dengan Pemerintah Daerah Otonom Guangxi Zhuang.

Gubernur Jawa Barat beserta delegasi diterima oleh Wakil Gubernur Guangxi Zhuang Mr. Zhang Xiaoqin yang didampingi oleh beberapa jajaran pejabat Pemerintah Guangxi Zhuang yang terdiri dari:

  • Li Fangyuan (Deputy Secretary-General of Guangxi People’s Government)
  • Wei Yu (Deputy Director General of Guangxi Foreign Affairs Office)
  • Tan Xiuhong (Deputy Director General of Guangxi Department of Commerce)
  • Wen Xinlian (Deputy Director General of Guangxi Department of Agriculture)
  • Li Guangjun (Deputy Counsel of Guangxi Tourism Development Commission)
  • Jin Dagang (Deputy Director General of Guangxi Bureau of State Farms)
  • Chen Weidong (Deputy General Manager of the Subsidiary Company of SGMW in Indonesia)

Pada tanggal 5 Mei 2017, kedua pimpinan daerah tersebut melangsungkan penandatanganan dokumen Perjanjian antara Provinsi Jawa Barat, Republik Indonesia dengan Daerah Otonom Guangxi Zhuang, Republik Rakyat Tiongkok tentang Hubungan Persahabatan Provinsi-Daerah, bertempat di Kota Nanning, Ibukota Guangxi Zhuang.

Keduanya menyepakati kerjasama pada bidang-bidang sebagai berikut: Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Perdagangan dan Investasi, Peningkatan kemampuan teknis dan manajemen pemerintahan, pengembangan daerah Perdesaan, Perkotaan dan Transoprtasi, dan Pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Pada pertemuan tersebut juga dibahas mengenai potensi bidang transportasi di Guangxi, Daerah Otonom tersebut memiliki sejumlah unit transportasi publik salah satunya yaitu fast train dengan track railway sepanjang 1.700 ha. Kereta ini melayani mobilisasi warga Guangxi di 12 kota. Terkait dengan investasi Guangxi di Jawa Barat, Direktur PT. Wuling mengatakan bahwa sudah ada pembangunan pabrik mobil Wuling yang berlokasi di Karawang Jawa Barat sejak tahun 2015, tahun 2018 ini di produksi 2,5 juta unit. Selain itu, terdapat 33 perusahaan China lainnya di Indonesia dengan nilai investasi sekitar 800 juta USD.

Di bidang pertanian, Guangxi merupakan penghasil utama pertanian di China dengan hasil komoditi utama yang terdiri dari gula tebu 40%, ulat sutera 1/3 dunia, ditambah dengan produksi sayur mayur.

Di bidang iptek dan pendidikan, Guangxi merupakan pusat transfer teknologi di Negara-negara ASEAN dengan 10.000 mahasiswa asing, termasuk memiliki salah satu pusat penelitian di Indonesia.

Kota Nanning yang merupakan ibukota Provinsi Guangxi memegang peranan penting dalam hubungan Tiongkok dengan ASEAN, salah satunya sebagai tempat penyelenggaran China-ASEAN Expo setiap tahunnya dan juga merupakan tempat bagi China ASEAN Economic Park, yang merupakan zona ekonomi tingkat provinsi di dalam Nanning Overseas Chinese Investment Zone yang bertujuan untuk meningkatkan kerja sama wilayah ini dengan negara-negara ASEAN. Jawa Barat memiliki peluang untuk memasukkan produknya di CA Expo, hal ini bertujuan untuk meningkatkan nilai ekspor Indonesia ke China dengan target meningkat 18%.

Di bidang pariwisata, Pemerintah Guangxi memberikan lahan atau area free untuk mempromosikan potensi pariwisata Jawa Barat.

Penandatanganan Agreement Kerjasama Bersaudara dengan Pemerintah Kota Chongqing.

Gubernur Jawa Barat beserta delegasi diterima oleh Walikota Chongqing (Mr. Zhang Guoqing) yang didampingi oleh beberapa jajaran pejabat Pemerintah Kota Chongqing yang terdiri dari:

  • Mr. Zhang Dingyu , Vice Chairman Standing Committee of Chongqing Municipal People’s Congress
  • Mr. Ou Shunqing, Secretary General, Chongqing Municipal People’s Government
  • Mr. Kuang Youzhi, Deputy Director General, Committee for Ethnic, Religious, Overseas Chinese and Foreign Affairs Committee, Standing Committee of Chongqing Municipal People’s Congress
  • Mr. Wu Kangming, Director General, Chongqing Foreign and Overseas Chinese Affairs Office
  • Mr. Hu Jiquan, Director General, Chongqing State Assets Administrative Committee
  • Mr. Chen Guohua, Deputy Director General, Chongqing Commerce Committee
  • Mr. Li Fangyu, Chairman, Chongqing Transportation Development and Investment Group

Pada tanggal 8 Mei 2017, kedua pimpinan daerah tersebut melangsungkan penandatanganan dokumen Perjanjian antara Provinsi Jawa Barat, Republik Indonesia dengan Kota Chongqing, Republik Rakyat Tiongkok tentang Pembentukan Hubungan Provinsi-Kota Bersaudara, bertempat di Kota Chongqing.

Keduanya menyepakati kerjasama pada bidang-bidang sebagai berikut: Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Perdagangan dan Investasi, Transportasi, Pengembangan Perkotaan dan Perdesaan, dan Pengembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi.

Penandatanganan Agreement Kerjasama Bersaudara dengan Pemerintah Provinsi Sichuan.

Gubernur Jawa Barat beserta delegasi di terima oleh Gubernur Sichuan (Mr. Yin Li) yang didampingi oleh beberapa jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Sichuan, terdiri dari:

  • Mu Xinhai, Director General of Sichuan Provincial Department of Foreign and Overseas Chinese Affairs
  • Zhu Shihong, Director General of Sichuan Provincial Department of Education
  • Chen Yanfu, Deputy Director Heneral of the General Office of Sichuan Provincial People’s Government
  • Tu Jianhua, Deputy Director General of Sichuan Provincial Department of Agriculture
  • Yu Bin, Deputy Director General of Sichuan Provincial Department of Commerce

Pada tanggal 8 Mei 2017, kedua pimpinan daerah tersebut melangsungkan penandatanganan dokumen Perjanjian antara Provinsi Jawa Barat, Republik Indonesia dengan Provinsi Sichuan, Republik Rakyat Tiongkok tentang Hubungan Provinsi Bersaudara, bertempat di Kota Chengdu, Ibukota Sichuan.

Keduanya menyepakati kerjasama pada bidang-bidang sebagai berikut: Pendidikan, Promosi Pariwisata, seni dan Budaya, Investasi dan Perdagangan, Pertanian, Peningkatan kapasitas bagi aparatur pemerintah, ilmu pengetahuan dan teknologi. Salah satu peluang aktifitas kerjasama yakni Panda Breeding Site di kota Shicuan dapat dikembangkan di Jawa Barat sesuai dengan kondisi daerah di Jawa Barat.

Penandatanganan Agreement Kerjasama Bersaudara dengan Pemerintah Provinsi Heilongjiang.

Gubernur Jawa Barat beserta delegasi di terima oleh Gubernur Heilongjiang (Mr. Lu Hao) yang didampingi oleh beberapa jajaran pejabat Pemerintah Provinsi Heilongjiang, terdiri dari:

  • H.E. Mr. Li Haitao, Vice Governor of Heilongjiang Province
  • Mr. Qi Feng, Vice Secretary General, Director General of the General Office, Heilongjiang Provincial People’s Government
  • Mr. Wang Haijun, Director General, Heilongjiang Foreign Affairs Office
  • Mr. Wang Jinhui, Director General, Heilongjiang Agricultural Commission
  • Mr. Meng Xiangjun, Director General, Heilongjiang Commerce Department
  • Mr. Xi Dongguang, Director General, Heilongjiang Tourism Development Commission

Pada tanggal 10 Mei 2017, kedua pimpinan daerah tersebut melangsungkan penandatanganan dokumen Perjanjian antara Provinsi Jawa Barat, Republik Indonesia dengan Provinsi Heilongjiang, Republik Rakyat Tiongkok tentang Hubungan Provinsi Bersaudara, bertempat di Kota Harbin, Ibukota Heilongjiang.

Keduanya menyepakati kerjasama pada bidang-bidang sebagai berikut: Pendidikan, Pariwisata, Kebudayaan, Perdagangan dan Investasi, Pertanian, dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi.

Sumber

Share