50 Ide Kota Liburan di Indonesia

50 Ide Kota Liburan di Indonesia
Sabang

Sebagai kota yang berada di ujung Barat Indonesia, Sabang di Pulau Weh dikenal sebagai awal Negara Indonesia. Hal tersebut ditandai dengan Titik Nol Kilometer yang sangat simbolik. Di mana traveler yang datang ke sana dapat meminta sertifikat sebagai bukti pernah mampir.

Namun selain Titik Nol Kilometer, Sabang juga terkenal akan pesona pantainya yang indah. Salah satu yang menjadi destinasi favorit wisatawan dalam dan luar negeri adalah Pantai Iboih. Pasir putih dan laut yang bening menjadi ciri khas pantainya.

Sedangkan bagi Anda yang menggemari diving, keindahan bawah laut Sabang juga tidak boleh dilewatkan. Di Sabang juga sudah tersedia dive center yang dapat memfasilitasi keinginan Anda. Kota Sabang juga begitu tenang dan damai. Cocok untuk santai.

Next Banda Aceh

Banda Aceh merupakan salah satu kota yang paling ramai dan semarak di Aceh. Terbukti dari banyaknya destinasi wisata seperti Museum Tsunami, pantai, hingga Masjid Raya Baiturrahman yang selamat dari tragedi Tsunami tahun 2004 silam.

Tapi tidak hanya tempat wisata, Banda Aceh merupakan gudangnya makanan enak. Beberapa yang menjadi unggulan adalah Mie Aceh, sate matang, nasi kuning, hingga ayam tangkap yang legendaris. Pecinta kuliner tentu akan sangat dimanjakan di sini.

Banda Aceh menerapkan hukum syariat Islam. Sebagai pendatang, baiknya traveler menaati aturan yang ada dan berlaku sopan seperti sewajarnya. Lagipula berlaku sopan akan membuat Anda lebih diterima dan dihargai.

Next Medan

Horas! Traveler manapun tentu tahu akan kata sapaan yang berasal dari Kota Medan. Tidak hanya terkenal akan orangnya yang tegas dan bersuara lantang, Medan punya banyak objek wisata hingga kuliner sedap.

Dari segi objek wisata, Medan punya banyak bangunan tua bersejarah yang dapat dikunjungi. Misalnya saja rumah juragan Tiongkok Tjong a Fie yang masih dirawat, hingga Masjid Raya Medan yang merupakan salah satu kebanggan Medan.

Jangan lupa juga mencoba kuliner berbau durian, hingga bawa pulang oleh-oleh Bolu Meranti yang populer. Datang ke Medan, dijamin mata puas dan perut senang.

Next Toba Samosir

Sebagai daerah yang menjadi lokasi dari Danau Toba, Toba Samosir memang sangat terkenal di kalangan traveler. Siapa pun yang melihat Danau Toba, dijamin akan terhipnosis oleh keindahannya yang sangat mempesona.

Traveleler juga bisa banyak belajar akan budaya Batak yang begitu kaya di museum yang ada. Selain itu traveler juga bisa melihat keindahan Danau Toba secara langsung melalui perahu sewaan yang banyak dijumpai.

Next Berastagi, Karo

Berastagi, pusat keramaian Kabupaten Karo di Sumatera Utara terkenal sejuk dan berhawa dingin. Namun selain dingin, Berastagi juga memiliki banyak destinasi wisata yang dapat dikunjungi oleh traveler. Mulai dari destinasi buatan sampai alam, semua ada di Berastagi.

Beberapa destinasi wisata yang terkenal adalah pemandian air panas belerang Lau Sidebuk-debuk yang ada di kaki Gunung Sibayak, taman bermain Mikie Funland yang menyerupai Dufan, hingga Pagoda Lumbini yang menyerupai di Myanmar.

Sedangkan dari segi budaya, Berastagi didominasi oleh orang Batak Karo. Di Desa Lingga di Brastagi, traveler dapat belajar budaya Batak Karo sampai melihat rumah adat mereka yang berusia ratusan tahun. Keren kan!

Next Padang

Padang identik dengan kulinernya yang pedas dan menggoyang lidah. Tapi tidak hanya kuliner nikmat, Padang juga punya sejumlah destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi.

Bagi traveler pecinta pantai, bisa main ke Pantai Nirwana hingga Air Manis yang terkenal dengan batu Malin Kundang. Jika suka alam, bisa mampir ke Air Terjun Tiga Tingkat yang hijau dan mempesona.

Selain itu Padang juga punya sejumlah landmark seperti Jembatan Siti Nurbaya yang ikonik, hingga Miniatur Makkah di daerah Lubuk Minturum. Banyak tempat menarik.

Next Bukittinggi

Kota Bukittinggi yang terkenal dengan Jam Gadang-nya merupakan kota terbesar kedua di Sumatera Barat. Bukan hanya besar, sejumlah objek wisata alam hingga sejarah dan budaya juga dapat dijumpai di sini.

Objek wisata keren yang ada di Bukittingi adalah Lembah Anai yang berbatasan dengan Padang. Menyimpan flora dan fauna, traveler juga dapat menemukan air terjun hingga hutan lindung yang hijau. Selain itu juga ada Ngarai Sianok yang membentang luas.

Kemudian terdapat juga Lobang Jepang yang merupakan bunker peninggalan yang terkenal mistis dan angker. Lalu juga ada Bneteng Fort de Kock yang merupakan peninggalan Belanda, hingga Museum Rumah Adat Baanjuang yang memiliki bentuk rumah adat khas Minang dan sejumlah miniatur serta aksesori.

Next Palembang

Lupakan dulu kabut asap yang melanda sebagian kota di Sumatera. Kota Palembang, sejatinya bisa jadi tempat liburan yang sangat menyenangkan. Destinasi wisata alam, budaya sampai kulinernya lengkap!

Kamu bisa mengarungi Sungai Musi yang berada di jantung kotanya. Naiklah ke atas perahu getek, untuk melihat kemegahan Jembatan Ampera sekaligus datang ke Pulau Kamoro yang punya pagoda dan legenda kisah cinta yang tragis. Malam hari, Jembatan Ampera pun terlihat cantik.

Masih di Kota Palembang, Bukit Siguntang yang lokasinya agak tinggi merupakan tempat yang tepat untuk bersantai. Penuh udara segar karena banyak pepohonan, sekaligus di sana adalah tempatnya makam raja-raja Sriwijaya. Soal kuliner, coba cicipi aneka pempek dari berbagai rumah makan di sana yang dijamin bakal menggoyang lidah!

Next Bengkulu

Kota Bengkulu mungkin belum sepamor Padang atau Palembang. Jangan salah, kota ini disebut-sebut kota kecil yang indah karena banyak tempat wisata yang cukup mudah dijangkau dari pusat kotanya.

Sekitar 20 menit dari Kota Bengkulu, terdapat Pantai Panjang yang unik. Dari namanya saja sudah ketahuan, pantainya punya hamparan pasir putih yang memanjang sekitar 7 km. Asyik banget!

Soal sejarah, mampirlah ke Rumah Pengasingan Bung Karno dan Benteng Marlborough, benteng yang unik karena bentuknya seperti kura-kura. 6 Km dari pusat Kota Bengkulu ada Danau Dendam Tak Sudah yang menyuguhkan panorama alam nan menawan.

Next Jambi

Liburan ke Jambi, ada apa saja sih? Catat nih, setidaknya terdapat enam destinasi di sekitar kotanya yang asyik untuk dikunjungi. Pertama adalah Taman Mini Kota Jambi yang memiliki replika rumah-rumah adat Jambi. Cocok buat kamu yang doyan fotografi.

Empat kilometer dari pusat kota, terdapat Danau Sipin yang berbentuk oval dengan satu pulau di bagian tengahnya. Lalu, ada Hutan Kota yang menjadi tempat penyejuk pikiran karena suasananya yang alami. Terakhir, Sungai Batanghari, Seberang Kota dan Tanggo Rajo berada dalam satu kawasan yang masing-masing menarik untuk disambangi.

Terakhir, tahu tidak kalau Kota Jambi punya kembaran Monas yang bernama Tugu Monas Baru. Meski hanya berupa menara jam saja, tapi bagian atasnya terdapat kobaran api sama seperti yang ada di Jakarta. Ikonnya Kota Jambi nih!

Next Pekanbaru

Tak perlu jauh-jauh ke India, kamu bisa melihat masjid seperti Taj Mahal di Pekanbaru, Riau. Inilah Masjid An Nur yang mirip seperti Taj Mahal dengan kubah yang besar dan kolam di bagian depannya. Lokasinya ada di pusat kotanya.

Mau belanja di Kota Pekanbaru, datangi saja Pasar Bawah. Pasar ini dari luar tampak unik, karena merupakan perpadua budaya Melayu dan Tionghoa. Silakan berburu aneka camilan seperti lumpuk durian sampai dodol kedondong yang khas.

Pengen basah-basahan? Mari bermain air di Riau Fantasi. Suatu waterpark seluar 6,5 hektar dengan aneka wahana permainan air, seperti kolam seluncur dan ember raksasa yang tumpah dengan 3.000 liter air. Semoga asap cepat berlalu dari Pekanbaru, sehingga wisatawan bisa liburan lagi ke sana.

Next Batam

Kota Batam lebih dari sekadar tempat traveler untuk berbelanja gadget. Soal liburan, kota di Provinsi Kepulauan Riau ini memiliki aneka destinasi wisata yang menarik.

Jembatan Barelang merupakan ikon dari Batam. Jembatan yang disebut-sebut Golden Gate-nya Indonesia ini membentang 2.264 meter dan menghubungkan Pulau Batam, Pulau Tonton, Pulau Nipah, Pulau Rempang, Pulau Galang dan Pulau Galang Baru. Kamu bisa foto-foto dengan background jembatannya yang ciamik!

Dari Jembatan Barelang, silakan tancap gas menuju Kamp Vietnam. Tempat bersejarah yang merupakan tempat tinggal pengungsi dari Vietnam yang disebut manusia perahu pada puluhan tahun silam. Soal kuliner, aneka rumah makan di Kota Batam menyajikan makanan seafood yang menggoyang lidah. Kebanyakan berlokasi di pinggir pantai yang mana di seberangnya terlihat Singapura.

Next Bangka

Liburan ke Bangka, artinya jalan-jalan ke pantai. Setidaknya, ada 7 pantai yang cantik dan berlokasi tak jauh dari pusat kotanya di Pangkalpinang yang paling jauh hanya hitungan jam. Catat nih, nama-nama pantainya adalah Pantai Pasir Padi, Pantai Rambak, Pantai Matras, Pantai Parai Tenggiri, Pantai Teluk Limau, Pantai Romodong dan Pantai Penyusuk. Pasir pantai di sana putih dan halus!

Di Pangkalpinang terdapat Bangka Trade Center (BTC) sebagai tempat belanja oleh-oleh. Bagi yang suka foto-foto, datangi saja Kuil Kwan Tie Miaw yang usianya sudah ratusan tahun.

Terakhir, mari berkunjung ke Museum Timah. Inilah satu-satunya museum timah di Indonesia yang menyimpan beragam koleksi besar benda-benda terkait tambang timah. Nggak cukup sehari liburan ke Bangka.

Next Belitung

Sama dengan Bangka, Belitung pun memiliki pesona alam berupa pantai yang elok rupa. Pantai yang memiliki pasir putih nan halus, serta bebatuan granit yang ukurannya besar-besar!

Ada 5 pantai di sana yang wajib banget untuk kamu datangi. Pantai-pantainya yakni Pantai Tanjung Tinggi, Pantai Penyabong, Pantai Serdang , Pantai Nyiur Melambai dan Pantai Burung Mandi. Main-main ke pantai-pantainya bikin lupa daratan.

Museum Kata Andrea Hirata juga asyik untuk dikunjungi. Di sinilah, penulis Andrea Hirata mengajak wisatawan memasuki dunia ‘Laskar Pelangi’. Terakhir, kalau ke Belitung belum sah kalau belum mencoba Mi Belitung Atep. Enak banget!

Next Bandar Lampung

Bandar Lampung berada di ujung selatan Pulau Sumatera. Ibukota Provinsi Lampung ini pun bisa dibilang sebagai gerbang utama menuju Pulau Sumatera. Untuk urusan pariwisata, tak kalah dari kota lainnya di Indonesia.

Dari wisata alam, kuliner, belanja, semua ada. Untuk wisata alam bersama keluarga, ada Taman Wisata Bumi Kedaton, Lembah Hijau, serta Taman Kupu-kupu Gita Persada. Bagi yang suka ke pantai, Banyak juga pilihannya seperti Pantai Puri Gading, Tirtayasa dan Duta Wisata.

Letak Bandar Lampung yang strategis juga mempermudah wisatawan untuk mengakses aneka tempat wisata di sekitarnya. Kalau mau ke Taman Nasional Way Kambas misalnya, traveler tinggal naik bus dari Terminal Rajabasa di Bandar Lampung.

Next Serang

Bagi traveler yang sering bepergian ke Pelabuhan Merak, biasanya akan melewati Kota Serang. Ibukota Banten ini pun menjadi salah satu pilihan kota liburan yang dekat dengan Jakarta.

Cukup banyak objek wisata bersejarah yang bisa dikunjungi di Serang. Ada Keraton Surosowan, Keraton Kaibo, Museum Banten Lama. Buat yang hobi menonton debus, aksi menantang itu juga bisa disaksikan di Serang.

Untuk objek wisata religi, ada Masjid Agung Banteng yang lokasinya di Desa Banten Lama, Kasemen. Masjid ini merupakan situs peninggalan putera Sunan Gunung Jati yang bernama Sultan Maulana Hasanuddin. Di sini juga terdapat makam keluarga Kesultanan Banten.

Next Jakarta

Jakarta memang dikenal macet dan sumpek. Tapi di balik semua itu ada berbagai tempat wisata menarik yang bisa membuat liburan terasa menyenangkan. Waktu seharian pun rasanya masih kurang untuk mengeksplor tempat wisata di Jakarta.

Mulai dari landmark kota seperti Monas dan Bundaran HI, sampai Kebun Binatang Ragunan yang mudah dijangkau naik bus TransJakarta, semuanya asyik dikunjungi ketika liburan di ibukota. Menikmati budaya Betawi juga bisa karena ada kampung Betawi Setu Babakan.

Bagi traveler yang hobi belanja, Jakarta juga menjadi tujuan liburan yang tepat. Aneka pusat perbelanjaan dari yang tradisional hingga mewah tersedia di sini. Di waktu-waktu tertentu pun akan ada banyak diskon menggiurkan di berbagai mal.

Next Kepulauan Seribu

Bosan dengan kehidupan perkotaan? Saatnya mendekatkan diri ke alam. Kabupaten Kepulauan Seribu dengan lebih dari 100 pulau di wilayahnya, menawarkan pengalaman wisata bahari yang tidak terlupakan.

Banyak aktivitas menarik yang bisa dilakukan, contohnya island hopping, kemping, snorkeling, menyelam, memancing atau sekadar berenang santai di tepi pantai. Untuk menyelam, ada sekitar 26 titik selam yang bisa dicoba.

Pemandangan ketika matahari tertib dan terbenam juga menjadi daya tarik wisata di Kepulauan Seribu. Traveler yang berlibur ke Pulau Harapan misalnya, banyak sudah bangun sebelum fajar agar tidak melewatkan indahnya momen sunrise.

Next Bogor

Bogor mempunyai banyak pilihan tempat liburan bersama teman atau keluarga. Berbagai tempat wisata alam sampai taman rekreasi dengan aneka wahana menantang tersedia di Bogor.

Kebun Raya Bogor, Hutan Cifor dan Curug Putri barulah segelintir tempat wisata alam di Bogor. Kalau ada banyak waktu yang tersedia untuk liburan, masih banyak tempat wisata alam lainnya yang bisa dieksplor.

Untuk urusan wisata kuliner, Bogor ini bagaikan surga. Banyak makanan lezat seperti laksa, toge goreng, bakso setan, pie apel, asinan dan lain sebagainya bisa dinikmati dengan harga terjangkau. Kafe dengan menu dan konsep yang unik juga terus bertambah di Kota Hujan.

Next Bandung

Bandung di Jawa Barat dikenal sebagai kota kreatif dengan udara sejuk. Rasanya tidak ada kata bosan untuk liburan ke Bandung. Traveler yang doyan wisata alam, seni, belanja dan kuliner bisa liburan maksimal di Bandung.

Untuk wisata alamnya, ada Gunung Tangkuban Perahu, Kawah Putih atau Kebun Begonia. Kalau mau nongkrong dan belanja, traveler bisa datang ke kawasan Dago. Factory outlet dengan banyak berkualitas berjejer di sana.

Mau punya foto keren buat diunggah di media sosial? Bandung punya banyak taman yang cocok untuk nongkrong sekaligus foto-foto. Ada Alun-alun di depan Masjid Raya Bandung, Taman film, Taman Musik Centrum hingga Taman Jomblo.

Next Cirebon

Di pesisir Pantura wilayah Jawa Barat, ada Cirebon dengan destinasi wisata yang beragam. Cirebon pun mudah diakses dari Jakarta dan sekitarnya dengan mobil pribadi, bus maupun kereta. Apalagi sekarang sudah ada Tol Cipali yang mempermudah akses wisatawan ke Cirebon.

Kota Udang ini menawarkan berbagai jenis tempat wisata. Mau wisata religi, sejarah, belanja batik, kuliner dan budaya, semua tersedia di Cirebon. Untuk wisata religi misalnya, traveler bisa mampir ke Masjid Agung Cipta Rasa yang dibangun oleh Wali Songo di abad ke-15.

Kalau mau wisata kuliner, jangan lewatkan nasi jamblang, empal gentong, nasi lengko dan tahu gejrot yang terkenal nikmat. Ada juga sirup Tjampolay yang manis segar untuk jadi oleh-oleh usai liburan seru di Cirebon.

Next Semarang

Semarang merupakan salah satu destinasi liburan populer di Jawa Tengah. Kota yang juga dijuluki sebagai ‘Little Netherland’ ini menawarkan aneka destinasi yang membuat liburan semakin seru.

Bangunan kuno yang masih berdiri di berbagai sudut kota menjadi daya tarik bagi wisatawan. Berbagai tempat bernuansa kuno seperti Lawang Sewu dan Kota Lama pun seringkali ramai oleh pengunjung dari luar kota bahkan luar negeri. Bangunan keren seperti Masjid Agung Semarang juga menawarkan pengalaman wisata religi yang tak terlupakan.

Kuliner di Semarang pun siap menggoyang lidah wisatawan. Tahu gimbal, tahu pong, tahu petis, bandeng presto dan lain sebagainya, bisa didapat di berbagai pusat kuliner dengan harga yang ramah di kantong.

Next Solo

Solo punya slogan Spirit of Java. Destinasi ini menegaskan dirinya sebagai jantung dari wisata budaya Jawa. Di sana wisatawan akan dimanjakan dengan pesona budaya, sejarah, kuliner, belanja dan alam.

Wisatawan bisa berburu batik di kota asal Presiden Jokowi ini, pada beberapa pasar yang tersedia. Jangan lupa mampir ke Keraton Surakarta untuk menikmati pesona wisata warisan sejarah.

Manjakan lidah kita dengan aneka pilihan kuliner, ada sate buntel, gule goreng, bakso, timlo, bebek goreng. Nyamm! Bergeser sedikit keluar kota, ada banyak wisata alam di Karanganyar seperti Air Terjun Grojogan Sewu yang segar.

Next Magelang

Magelang adalah rumah bagi landmark paling top Indonesia, yaitu Candi Borobudur. Wisatawan dari dalam dan luar negeri berbondong-bondong untuk datang. Mungkin termasuk Anda yang ingin mencari ide liburan akhir tahun.

Tidak bisa dipungkiri memang, Candi Borobudur adalah daya tarik utama di Magelang. Namun sebagai kota wisata, Magelang masih punya beberapa hal lain.

Resor MesaStila misalnya, menawarkan paket agro wisata kopi. Wisatawan bisa diajak tur ke perkebunan kopi dan tentunya menikmati kopi yang baru diolah dengan segar.

Next Yogyakarta

Yogyakarta tidak bisa dilewatkan sebagai kota tujuan liburan semua orang. Seperti yang orang lokal, Yogyakarta memang istimewa. Kita mau apa, Yogyakarta punya. Wisata keraton, belanja di Malioboro, borong batik di Pasar Beringharjo, sampai menikmati nuansa bangunan kolonial dan benteng tua.

Yogyakarta juga punya sejumlah candi untuk kita kunjungi termasuk Prambananan. Mau bicara kuliner, Yogyakarta jagonya, mulai dari angkringan dan kopi joss, sampai gudeg nan lezat. Dari kaki lima, sampai restoran bergaya seni bisa kita pilih sesuai bujet.

Yogyakarta adalah tempat yang sempurna dimana inovasi bisa berpadu sempurna dengan budaya. Yang paling baru, atraksi panahan Jemparingan yang merupakan tradisi prajurit keraton, kini menjadi kegiatan seru yang lagi tren di kalangan komunitas dan wisatawan.

Next Gunungkidul

Kabupaten yang sedang naik daun di Provinsi DI Yogyakarta adalah Gunungkidul. Gunungkidul diberkahi dengan 20-an pantai yang cantik menawan, belum lagi wisata alam lainnya seperti gua dan juga wisata kuliner ekstrem yaitu belalang goreng yang bikin penasaran.

Setiap akhir pekan, wisatawan dari berbagai kota membanjir datang, mungkin Anda juga perlu ikutan. Tinggal pilih mau pantai yang ramai, sepi, berhias karang, ombaknya kecil, besar, yang ada air terjunnya, atau yang ekstrem dengan gondola menyeberangi karang yang menguji nyali.

Wow! Begitulah keberagaman karakter wisata pantai di kabupaten ini. Siapa sangka, dulu Gunungkidul imejnya adalah daerah kekeringan. Namun nyatanya, tempat ini menyimpan surga.

Next Malang

Inilah eskapisme terkenal di Jawa Timur. Kota Malang menawarkan berbagai pilihan destinasi untuk dinikmati wisatawan. Mulai dari kota yang adem dengan berbagai gedung kolonial, museum, warisan kuliner sampai pesisir pantainya.

Kuliner bakso Malangnya tidak bisa dilewatkan dan pilih gerai mana yang cocok dengan selera. Keripik apel dan aneka buah lainnya tidak pernah bosan dijadikan oleh-oleh. Nongkrong bareng bersama warga di sejumlah tamannya juga asyik lho!

Malang juga tidak bisa dilepaskan dari Kota Batu yang bertetangga. Aneka taman rekreasi keren seperti Jatim Park 2 menyediakan wisata all in mulai dari kebun binatang Batu Secret Zoo sampai Museum Satwa. Belum lagi taman rekreasi lain macam Batu Night Spectacular.

Next Surabaya

Surabaya, kota paling besar di Jawa Timur ini tidak hanya larut dalam hiruk pikuk dunia bisnis saja, pariwisata juga adalah yang membuat kota ini ramai. Saat masih di bawah kepemimpinan Walikota Risma, berbagai taman kota diperbaiki dan hasilnya kini bisa dinikmati warga dan wisatawan.

Surabaya juga menyimpang berbagai destinasi wisata sejarah dari Monumen Kapal Selam sampai Tugu Pahlawan untuk memperingati peristiwa 10 November. Untuk yang doyan belanja ada banyak mal keren untuk didatangi, atau bisa juga mengagumi infrastruktur macam Jembatan Suramadu.

Aneka kuliner yang ditawarkan Kota Pahlawan ini juga tidak bisa dilewatkan. Sementara wisata alam seperti hutan mangrove Wonorejo atau pantai seperti Kenjeran juga selalu ramai wisatawan.

Next Banyuwangi

Primadona wisata baru di Jawa Timur adalah Banyuwangi. Namanya melesat ke puncak daftar tujuan wisata dalam 3 tahun terakhir ini. Upaya keras bupati dan jajaran pemda sepertinya tidak sia-sia.

Banyuwangi adalah kabupaten yang besar dan memberikan banyak pilihan untuk wisatawan mau pergi ke mana. Di tengah kota ada berbagai taman cantik dan Pantai Boom. Penggemar wisata kuliner bisa menikmati banyak pilihan dari nasi tempong yang pedas sampai kopi osing nan legit.

Namun bicara wisata alam, Banyuwangi juga juara. Agak ke selatan ada Pantai Pulau Merah yang belakangan jadi destinasi surfing. Ini adalah pilihan baru setelah memiliki G-Land di Taman Nasional Alas Purwo. Sementara untuk pendaki gunung ada Gunung Ijen dan kawahnya yang punya api biru nan langka.

Next Badung (Kuta)

Bali identik dengan Pantai Kuta dan Legian. Nah, kawasan itulah yang masuk dalam Kabupaten Badung. Kabupaten ini menyimpan banyak destinasi terkenal dari Bali seperti Taman Garuda Wisnu Kencana, Legian, hingga Pura Uluwatu.

Pantai Kuta hingga Seminyak juga jadi destinasi tak pernah sepi pengunjung. Dari alamnya yang cantik, sampai pertokoan dan tempat nongkrong yang sedang ramai.

Hampir dua pertiga dari kawasan Badung masih ramai hingga tengah malam. Legian jadi pusat keramaian, apalagi akhir pekan. Tak heran kabupaten ini selalu masuk dalam itinerary kan!

Next Ubud

Masih di Bali, kali ini Ubud. Kota tenang di dataran tinggi sangat cocok bagi traveler yang ingin menikmati Pulau Dewata dari sisi yang lain. Jauh dari hiruk pikuk dan segala polusi.

Kota ini identik dengan pemandangan sawah yang hijau dan udara yang sejuk. Museum dan rumah seni tersebar di penjuru kota. Tinggal pilih mau datang ke mana.

Di sini juga jadi pusatnya wisata retreat. Hotel dan resort yang ramah lingkungan dan hijau berdiri berpadu dengan alam. Cara paling asyik keliling kota ini? Dengan sepeda tentunya!

Next Lombok

Bertetangga dengan Bali, ada Lombok yang jadi mutiara dari Nusa Tenggara Barat. Pantai cantik, gunung indah hingga budaya yang kaya, hidup sejahtera di sini.

Gili atau yang berarti pulau-pulau kecil pun semakin banyak terungkap kecantikannya. Mulai dari 3 Gili yang legendaris, sampai gili yang masih kosong dan terlihat lebih eksotis.

Kuliner di daerah ini identik dengan cabai alias pedas. Jadi, siapkan lidah dan air minum jika ingin menjajal kangkung plecing atau ayam taliwang yang lezat itu.

Next Pontianak

Dikenal dengan kisah yang cukup mistis. Nama Kota Pontianak konon berasal dari kuntilanak yang dahulu menghuni hutan di sini. Bahkan, di setiap malam Idul Fitri, selalu digelar Festival Meriam Karbit yang dipercaya bisa mengusir makhluk halus yang satu itu.

Di luar kisah mistisnya, ibukota dari Kalimantan Barat ini merupakan kota yang penting. Bagaimana tidak, di sini ada Tugu Khatulistiwa. Titik tengah bumi ada di sini!

Saat bulan tertentu, kota ini akan ramai didatangi wisatawan yang penasaran fenomena matahari berada tepat di atas kepala. Pada waktu tersebut, takkan ada bayangan jika berdiri di area garis Khatulistiwa itu. Keren!

Next Singkawang

Cap Go Meh. Itulah yang akan langsung teringat saat mendengar nama Singkawang. Kota di Kalimantan Barat ini memang selalu menggelar Festival Cap Go Meh yang meriah.

Bukan hanya traveler dalam negeri yang memenuhi kota ini saat Imlek, tapi banyak juga turis asingnya. Festival yang mirip debus ini memang menantang keberanian karena harus siap menonton aneka penampilan yang terbilang ngeri.

Selain itu, kota yang kaya dengan akulturasi itu juga memiliki beberapa kelenteng yang indah dan juga masjid yang megah. Lengkap!

Next Banjarmasin

Inilah tempat kelahiran dari pasar apung. Satu hal yang sangat melekat dengan Banjarmasin adalah pasar apung. Karena kotanya bersinggungan dengan Sungai Barito dan Martapura, air jadi sesuatu yang penting di sini.

Penasaran ke mana warga Banjarmasin di pagi hari? Cari saja di sungai. Kehidupan di mulai dari sana. Ada yang berjualan hasil bumi, sampai makanan untuk sarapan.

Kuliner yang terkenal di sini adalah soto banjar, dan ketupat kandangan. Pastikan untuk mencicip ini ya saat ke Banjarmasin.

Next Balikpapan

Balikpapan terkenal sebagai kota terbersih di Indonesia. Juga, kota dengan biaya hidup yang cukup mahal. Kota ini juga terkenal dengan makanan lautnya yaitu kepiting dengan aneka saus.

Tak ketinggalan, kota ini juga terkenal dengan batu akik dan batu mulianya. Datang saja ke Pasar Kebun Sayur dan puaskan diri berburu aneka batu akik untuk dibawa pulang. Tak jauh dari kotanya, ada area perlindungan beruang dan orangutan. Seru!

Next Samarinda

Sebagai ibukota Provinsi Kalimantan Timur, Samarinda adalah salah satu kota terbesar di Kalimantan. Kota ini terbelah menjadi dua oleh Sungai Mahakam, yang jadi salah satu destinasi wisatawan.

Samarinda punya beragam tempat wisata, mulai dari alam sampai religi. Beberapa objek wisata alam antara lain Air Terjun Tanah Merah, Air Terjun Berambai, Air Terjun Pinang Seribu, dan Kebun Raya Unmul Samarinda lengkap dengan danau dan kebun binatang.

Tak hanya itu, traveler bisa mengunjungi Desa Budaya Pampang yang dihuni Suku Dayak Kenyah. Samarinda juga punya objek wisata religi dan ziarah, salah satunya Makam La Mohang Daeng Mangkona yang adalah pendiri Kota Samarinda.

Next Berau (Derawan)

Berau adalah nama kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur. Berau adalah gerbang masuk menuju Kepulauan Derawan, salah satu primadona wisata bahari di Indonesia.

Kepulauan Derawan punya beberapa pulau antara lain Derawan, Sangalaki, Kakaban, Maratua, Panjang, dan Samama. Derawan merupakan salah satu spot bawah laut paling indah di Indonesia, karena banyaknya fauna seperti penyu dan pari manta yang bisa dilihat tanpa harus diving.

Tak hanya itu, Kepulauan Derawan juga punya danau ubur-ubur tak menyengat (stingless jellyfish) yang terletak di Pulau Kakaban. Danau seperti ini sangat jarang ditemukan. Danau dengan spesies sejenis ditemukan di Kepulauan Palau, juga Togean di Sulawesi.

Next Manado

Manado adalah ibukota Provinsi Sulawesi Utara, terkenal sebagai pintu masuk ke Kepulauan Bunaken. Namun kota pesisir ini punya banyak tempat wisata seru, salah satunya Monumen Yesus Memberkati. Monumen raksasa ini mirip dengan patung Christ the Redeemer di Rio de Janeiro, Brasil.

Selain itu, Manado juga punya Kelenteng Ban Hin Kiong yang menjadi objek wisata religi sekaligus sejarah. Traveler yang suka wisata alam bisa mengunjungi Danau Tondano, yang terletak di sebelah utara Kota Manado.

Suka pantai dan wisata diving? Pulau Siladen yang masuk Taman Nasional Bunaken bisa jadi destinasi Anda. Traveler yang datang ke Pulau Siladen bisa snorkeling, atau diving dengan kedalaman 20-50 meter. Aneka terumbu karang dan berbagai jenis hewan laut yang cantik siap menyambut Anda.

Next Tomohon

Kota Tomohon terletak di Provinsi Sulawesi Utara. Sebelum tahun 2003, kota ini merupakan kecamatan yang masuk dalam Kabupaten Minahasa. Namun semakin lama, Tomohon semakin berkembang bahkan namanya harum di mata dunia.

Ya, kota ini menjadi tuan rumah Tomohon International Flower Festival yang digelar tahunan dengan putri-putri bunga nan cantik jelita. Tomohon yang berhawa sejuk juga punya banyak tempat wisata alam seperti Gunung Lokon, Gunung Mahawu, juga Danau Linow yang tersohor keindahannya.

Satu destinasi unik di Tomohon adalah Pasar Beriman. Di sini, traveler bisa melihat aktivitas jual beli daging hewan tidak biasa seperti anjing dan kelelawar.

Next Gorontalo

Gorontalo adalah nama provinsi yang terletak di Sulawesi Utara. Ibukotanya yakni Kota Gorontalo terkenal sebagai ‘Kota Serambi Madinah’.

Kota ini punya beberapa destinasi wisata. Sungai Bone, Gunung Tilongkabila dan Danau Limboto adalah beberapa destiansi wisata alam. Selain itu, ada pula beberapa destinasi wisata sejarah dan ziarah antara lain Benteng Otanaha, Makam Kramat Du Panggola dan Makam Kramat Ta’Jailoyibuo.

Berkunjung ke Gorontalo, tak lengkap rasanya jika belum berwisata kuliner. Beberapa makanan khas yang wajib dicicipi antara lain Milu Siram, Poki-poki Sambal/Santan, Kue Pia Saronde, dan Kopi Pinogu.

Next Makassar

Siapa yang tak kenal Makassar, ibukota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus salah satu kota terbesar di timur Indonesia. Makassar punya segudang destinasi wisata mulai dari alam, sejarah, sampai rekreasi.

Fort Rotterdam adalah komplek bersejarah yang paling terkenal di Makassar. Sekitar 40 Km ke arah utara Makassar, traveler juga bisa menyambangi Taman Nasional Bantimurung Bulusaraung yang dijuluki kerajaan kupu-kupu.

Trans Studio Makassar adalah taman rekreasi yang wajib dikunjungi saat jalan-jalan bareng keluarga. Jangan lupa usai berwisata kuliner seharian, untuk menyaksikan sunset menawan di Losari, pantai yang jadi ikon Makassar!

Next Tana Toraja

Tana Toraja adalah nama Kabupaten di Sulawesi Selatan, yang terkenal sebagai destinasi wisata budaya. Rantepao adalah nama pusat kegiatan budaya di Tana Toraja. Jaraknya sekitar 130 Km dari Kota Makassar.

Masyarakat Toraja masih melangsungkan tradisi upacara secara tradisional, terutama upacara kematian. Salah satu tempat wisata budaya paling terkenal adalah Londa, kuburan dalam gua yang penuh tengkorak.

Lokasi Londa kurang lebih 7 kilometer dari selatan Kota Rantepao, pusat pariwisata dan akomodasi bagi para wisatawan lokal dan mancanegara. Oleh karena itu, Londa mudah dicapai dengan kendaraan umum seperti bemo, ojek, mobil ataupun motor sewaan.

Next Ambon

Ambon bisa menjadi kota pilihan liburan untuk traveler di Indonesia bagian timur. Ada beragam destinasi yang bisa kamu datangi, mulai dari pantai yang indah hingga warisan kulinernya yang menggoyang lidah.

Kamu bisa melihat indahnya Pantai Pintu Kota dan Pantai Liang atau menikmati sepiring rujak yang segar di pinggir Pantai Natsepa. Tinggal pilih mau yang mana, semuanya layak untuk dicoba.

Tak cukup hanya itu, ada juga Pulau Tiga di sebelah selatan Ambon yang tak kalah menarik untuk dikunjungi. Patung Pattimura dan Gong Perdamaian menjadi ikon yang sayang untuk kamu lewatkan di Kota Ambon Manise.

Next Ternate

Suguhan pemandangan alam berupa pantai sebening kaca menjadi senjata utama Ternate untuk menggoda traveler. Siapa yang bisa menolak bila diajak ke Pantai Sulamadaha? Kapal pun terlihat seperti sedang melayang di atasnya.

Tak hanya Sulamadaha, traveler juga bisa mampir ke Pantai Falajawa. Pantai ini istimewa karena menjadi destinasi favorit bagi para muda-mudi untuk liburan. Pantainya yang berpasir putih sungguh menggoda untuk bermain air, atau sekadar jalan-jalan bersama pasangan dan teman terdekat.

Di Ternate traveler juga bisa berwisata sejarah, mengingat Kesultanan Ternate dan Tidore pernah jaya di masa lalu. Peninggalan berupa benteng-benteng berumur ratusan tahun pun masih bisa dilihat hingga sekarang. Ada juga Danau Tolire dan Batu Angus yang penuh misteri dan bikin penasaran.

Next Manggarai Barat (Labuan Bajo)

46

5510/manggarai-barat–labuan-bajo-

Labuan Bajo adalah kota pelabuhan yang patut traveler kunjungi sebelum menjelajahi NTT. Kota inilah yang menjadi pintu masuk utama yang harus kamu lalui sebelum bertemu dengan sang komodo naga di Pulau Komodo.

Labuan Bajo adalah ibukota dari Kabupaten Manggarai Barat. Untuk traveler yang pernah ke sini, mungkin sepakat bila Labuan Bajo disebut punya sunset dan sunrise terbaik di Indonesia.

Labuan Bajo punya Pantai Pede yang lokasinya sekitar 30 menit ke arah barat. Pantainya begitu bersih, berpasir putih dan sangat lembut di kaki. Pantas jika banyak traveler yang jatuh cinta dengan Labuan Bajo.

Next Ende

Bumi Flores memang bagai sekeping surga yang jatuh di timur Indonesia, Ende bisa dibilang salah satunya. Ada Danau 3 warna Kelimutu yang bisa kamu kunjungi. Warnanya yang kerap berubah menjadi keajaiban alam yang sayang untuk dilewatkan.

Traveler juga bisa berwisata sejarah di Ende. Di kota berhawa sejuk inilah, proklamator kita Ir Soekarno mendapat ilham dalam merumuskan Pancasila sebagai dasar negara. Bahkan traveler bisa melihat taman dimana Bung Karno kerap merenung di bawah pohon sukun yang masih asri hingga sekarang.

Traveler juga bisa napak tilas ke Rumah Pengasingan Bung Karno di Ende untuk mengenang perjuangan Beliau dalam melawan penjajahan. Kamu masih bisa melihat benda peninggalan Bung Karno yang masih terjaga hingga sekarang. Seru bukan?

Next Kupang

Kupang bisa jadi kota alternatif selanjutnya untuk liburan di NTT. Jangan salah, kota ini dianugerahi deretan pantai cantik yang bisa membuat kamu mabuk kepayang seperti Pantai Lasiana, Pantai Pasir Panjang, dan juga Pulau Kera.

Tak cukup dengan deretan pantai cantik, traveler juga bisa bersantai di pusat kotanya dengan mengunjungi Taman Nostalgia, taman kota yang paling hits di Kupang. Di sini traveler bisa jogging, olahraga, atau sekadar nongkrong-nongkrong bersama beberapa orang teman dan sahabat.

Di Kupang juga ada Gua Monyet, dinamakan demikian karena dahulu ada ratusan ekor monyet yang bertempat tinggal di sana. Udara di kawasan Gua Monyet juga relatif sejuk karena banyaknya pepohonan yang tumbuh alami. Cocok sebagai tempat beristirahat dari cuaca terik saat berada di Kupang.

Next Raja Ampat

Siapa yang tidak kenal Raja Ampat? Rasanya semua traveler pasti akan memasukkan nama ini ke dalam daftar destinasi liburan impian mereka. Ya, Raja Ampat sudah seperti surga tersendiri di Bumi Cenderawasih.

Kamu bisa melihat indahnya gugusan kepulauan karang yang tiada duanya di dunia. Waigeo, Misool, Batanta, Salawati dan lebih dari 600 pulau-pulau kecil menjadi suguhan utama di Raja Ampat. Ada juga desa-desa wisata yang patut untuk dikunjungi, Sawinggrai, Yenbuba dan Arborek, semuanya menggoda untuk dijelajahi.

Belum lagi ketika mencoba snorkeling atau bahkan diving di dalam lautnya. Bisa dipastikan traveler akan terkesima dan jatuh cinta terhadap kecantikan alam bawah laut Raja Ampat. Wajar, mengingat Raja Ampat masuk ke dalam kawasan Coral Triangle yang memiliki keanekaragaman jenis terumbu karang yang sangat banyak di dunia.

Next Jayapura

Jayapura menjadi destinasi yang patut dilirik oleh traveler saat liburan di Bumi Papua. Penduduknya yang ramah dan murah senyum, serta kearifan lokal budaya asli Papua, menjadikan Jayapura sangat layak menjadi destinasi liburan Anda berikutnya.

Jangan lupa untuk nongkrong di Taman Mesran. Bisa dibilang taman ini menjadi lokasi favorit bagi muda-mudi di Papua untuk sekadar duduk-duduk sambil berbincang. Suasananya yang sepi dan tenang juga sangat kondusifuntuk bersantai menikmati malam.

Jayapura juga tidak mau kalah dengan Hollywood, punya plang nama besar yang menyala ketika malam tiba. Ini jadi atraksi sendiri di Jayapura, daerah lain belum tentu punya. Keindahan alam serta budaya di Jayapura pastinya akan membuat traveler berdecak kagum dan bersyukur dilahirkan di Indonesia.

Sumber

Share