Pasar Wisata Desa Cibuluh Jadi Geliat Ekonomi Pariwisata Baru di Jawa barat

Pasar Wisata Desa Cibuluh Jadi Geliat Ekonomi Pariwisata Baru di Jawa barat

SUBANG- Jawa Barat Bergerak lahir dan hadir di tengah pandangan masyarakat sebagai ekspresi rasa ke syukuran kita semua atas Anugerah Terindah yang diberikan tuhan kepada kita. Demikian diungkap salah seorang penggerak Jabar Bergerak Boy Ramdhan, dalam acara Pasar Wisata Desa Cibuluh kecamatan Tanjungsiang.

“Kita bersyukur atas nikmat hidup di Jawa Barat karenanya melalui Jabar bergerak rasa syukur itu kita Ekspresikan melalui sejumlah Inovasi dan kolaborasi untuk kemaslahatan warga Jawa Barat,” imbuhnya.

Jabar bergerak sendiri mempunyai program di bidang pariwisata kuliner dan budaya atau paku ya yang berkomitmen mewujudkan Jabar juara lahir batin. Fokus utama program ini kepada kuliner tradisional dengan tujuan untuk menggerakkan wilayah pariwisata dan budaya Jawa Barat.

Lokasi Pasar we terletak di Kampung Bolang desa Cibuluh Kecamatan tanjungsiang Kabupaten Subang.
“Kedepannya masyarakat sekitar kampung ini berharap menjadi destinasi baru pariwisata Unggulan Jawa Barat melalui program ini Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memberikan dorongan kepada UKM dan pengelola desa wisata dengan memberikan garansi dari perbankan seperti BJB di wilayah setempat,” ungkapnya.

Atalia Ridwan Kamil Minta Warga Dukung Jawa Barat Jadi Provinsi Jawa Barat

Pasar Desa Wisata (Pasarwi) anak juara, menuju Jawa Barat sebagai provinsi layak anak dihadiri oleh Atalia Ridwan Kamil selaku ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat di kampung Hong kampung Bolang desa Cibuluh Kecamatan Tanjungsiang kabupaten Subang.

Pasar Wisata Desa Cibuluh Jadi Geliat Ekonomi Pariwisata Baru di Jawa barat

Dihadiri ratusan warga dan aparat pemerintahan setempat Ketua Panitia kegiatan Wahyu mengatakan, tujuan kegiatan ini dalam rangka menanamkan nilai nilai budaya di kalangan masyarakat, mensosialisasikan permainan atau budaya anak tradisional di Jawa Barat menyambut Jawa barat menjadi provinsi layak anak (provila),” ungkapnya, Sabtu (27/04/2019).

Mewakili Bupati Subang H Ruhimat yang tidak bisa hadir Asda III Subang, Ade Mulyawadi mengungkapkan banyaknya potensi pariwisata di kabupaten Subang khususnya dan Jawa Barat pada umumnya yang masih bisa dikembangkan.

“Kampung Bolang ini menjadi salah satu kampung wisata yang bisa terus dikembangkan, mudah-mudahan potensi alam wisata terus dikembangkan,” ungkapnya

Mewakili Gubernur Jawa Barat, Ketua PKK Jawa Barat Hj. Atalia Ridwan Kamil sempat bertanya kepada warga soal keindahan provinsi Jawa Barat yang memang dianugerahi Tuhan dengan keindahan alam.

“Mudah-mudahan kegiatan ini bisa mendorong Jawa Barat sebagai provinsi layak anak, dan mari kita meningkatkan kebahagiaan terutama untuk anak dan keluarga kita, anak memiliki 4 hak penting yakni, hak untuk hidup, hak untuk berpartisipasi, hak untuk mendapat mendapat perlindungan dan hak untuk cukup dan berkembang sesuai dengan usianya,” katanya.

Atalia yang selalu bertanya soal kebahagiaan warga ini menyambut baik pasar desa wisata di kecamatan Cibuluh kecamatan Tanjungsiang kabupaten Subang, warga berebut selfie dengan Si Cinta begitu panggilan warga Jawa Barat kepada perempuan cantik ini.

Terpisah, Dr Zaini Alif pendiri komunitas Hong pasar Desa Wisata Cibuluh mengatakan bahwa pasar wisata akan mendukung untuk dikembangkannya kawasan pariwisata dan tradisi sehingga bisa menjadi pusaka atau heritage bagi masyarakat setempat.

“Kegiatan pasar desa wisata ini akan mengetengahkan para ahli dan pemerhati makanan tradisional dan pelaku produksi makanan tradisi dengan konteks makanan tradisi Jawa Barat dulu kini dan esok,” jelasnya.*

Pasar Wisata Desa Cibuluh Jadi Geliat Ekonomi Pariwisata Baru di Jawa barat

Sumber

Share