Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat

Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat

Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat

Kembali lagi Guys , Pada artikel kali ini saya akan membahas tentang “ Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat ” seperti yang kita ketahui bahwa perkembangan zaman memang sudah sangat pesat. Terutama perkembangan teknologi, Internet salah satunya sudah menjadi trends dimana – mana . Dengan mudah mereka mengakses internet tanpa batas dan tanpa halangan juga. Pada artikel yang berjudul ” Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat ” saya membantu anda untuk menemukan Informasi nya.

Kampung Naga merupakan suatu perkampungan yang dihuni oleh sekelompok masyarakat yang sangat kuat dalam memegang adat istiadat peninggalan leluhurnya, dalam hal ini adalah adat Sunda. Seperti permukiman Badui, Kampung Naga menjadi objek kajian antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan Sunda pada masa peralihan dari pengaruh Hindu menuju pengaruh Islam di Jawa Barat.

Kampung ini secara administratif berada di wilayah Desa Neglasari, Kecamatan Salawu, Kabupaten Tasikmalaya, Provinsi Jawa Barat. Lokasi Kampung Naga tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota Garut dengan kota Tasikmalaya. Kampung ini berada di lembah yang subur, dengan batas wilayah, di sebelah Barat Kampung Naga dibatasi oleh hutan keramat karena di dalam hutan tersebut terdapat makam leluhur masyarakat Kampung Naga. Di sebelah selatan dibatasi oleh sawah-sawah penduduk, dan di sebelah utara dan timur dibatasi oleh Ci Wulan (Kali Wulan) yang sumber airnya berasal dari Gunung Cikuray di daerah Garut. Jarak tempuh dari kota Tasikmalaya ke Kampung Naga kurang lebih 30 kilometer, sedangkan dari kota Garut jaraknya 26 kilometer. Untuk menuju Kampung Naga dari arah jalan raya Garut-Tasikmalaya harus menuruni tangga yang sudah di tembok (Sunda : sengked) sampai ke tepi sungai Ciwulan dengan kemiringan sekitar 45 derajat dengan jarak kira-kira 500 meter. Kemudian melalui jalan setapak menyusuri sungai Ciwulan sampai kedalam Kampung Naga.

Menurut data dari Desa Neglasari, bentuk permukaan tanah di Kampung Naga berupa perbukitan dengan produktivitas tanah bisa dikatakan subur. Luas tanah Kampung Naga yang ada seluas satu hektare setengah, sebagian besar digunakan untuk perumahan, pekarangan, kolam, dan selebihnya digunakan untuk pertanian sawah yang dipanen satu tahun dua kali .

Kampung Naga Kampung Naga Kampung Naga

Informasi ” Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat ” sangatlah di cari oleh para penggemar dunia maya salah satunya adalah saya Sendiri. Dengan menggunakan Internet ini saya bisa berbagi berbagai macam Informasi salah satunya untuk menemukan informasi Tentang” Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat ” pun saya juga yang pernah alami.

Penduduk Kampung Naga semuanya mengaku beragama Islam. Pengajaran mengaji bagi anak-anak di Kampung Naga dilaksanakan pada malam Senin dan malam Kamis, sedangkan pengajian bagi orang tua dilaksanakan pada malam Jumat. Dalam menunaikan rukun Islam yang kelima atau ibadah Haji, mereka beranggapan tidak perlu jauh-jauh pergi ke Tanah Suci Mekkah, namun cukup dengan menjalankan upacara Hajat Sasih yang waktunya bertepatan dengan Hari Raya Haji yaitu setiap tanggal 10 Rayagung (Dzulhijjah). Upacara Hajat Sasih ini menurut kepercayaan masyarakat Kampung Naga sama dengan Hari Raya Idul Adha dan Hari Raya Idul Fitri.

Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya

Rute Untuk Menuju Ke Kampung Naga

Dari Jakarta ke Kampung Naga rutenya adalah Tol Jakarta – Cikampek -> Tol Purbaleunyi -> Gerbang Tol Cileunyi -> Nagreg -> arah Garut Kota -> Cilawu -> Lokasi Kampung Naga.

Dari Bandung ke Kampung Naga rutenya adalah Cileunyi -> Rancaekek -> Nagreg > – Leles dan Garut Kota -> Cilawu -> Lokasi Kampung Naga Salawu Neglasari.

VIA KENDARAAN UMUM

Dari Jakarta naik bus jurusan Kampung Rambutan – Garut – Singaparna turunkan di Lokasi Kampung Naga Salawu Neglasari.

Dari Bandung menggunakan bus Diana Prima di Terminal Cicaheum jurusan Bandung – Garut – Tasikmalaya (singaparna), lalu berhenti di Kampung Naga.

Semoga Info tentang ” Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat ” berguna bagi anda yang sedang membutuhkan Info tersebut. Silahkan berikan komentar anda untuk ” Kampung Naga Singaparna Jadi Andalan Pariwisata di Kab.Tasikmalaya Jawa Barat “.

Sekian dan Terimakasih .. semoga Membantu Anda..

Artikel Lainnya – kampung Naga Salawu Singaparna kampung naga garut kampung naga tasikmalaya kampung naga indonesia kampung naga- wikipedia bahasa sunda kampung naga garut kampung naga tasikmalaya kampung naga indonesia kampung naga garut kampung naga indonesia kampung naga indonesia kampung naga garut kampung naga- wikipedia bahasa sunda kampung naga tasikmalaya kampung naga indonesia kampung naga tasikmalaya

Sumber

Share